Hadiri Forum Perangkat Daerah, Begini Penegasan Bupati Banggai

Ir.H.Amirudin

BANGGAIPOST.COM,Luwuk- Bupati Banggai Ir.H.Amirudin bersama Wakil Bupati H.Furqanuddin Masulili, menghadiri sekaligus membuka secara resmi Kegiatan Forum Perangkat Daerah, dalam rangka penyempurnaan rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Banggai Tahun 2023.

Kegiatan di selenggarakan Oleh Bappedalitbang Kabupaten Banggai, dengan tema, Kemandirian Ekonomi Daerah didukung Penguatan Daya Saing SDM, Penguatan Transformasi Digital Dan Kualitas Pelayanan Publik tersebut, digelar di Ballroom Hotel Estrella Luwuk Selatan, Selasa (15/3).

Bupati Banggai dalam sambutan tertulisnya menyampaikan, Pelaksanaan Forum Perangkat Daerah Tahun 2022, bertujuan: Pertama, menyelaraskan program dan kegiatan perangkat daerah, dengan usulan program dan kegiatan hasil musrenbang rencana kerja perangkat daerah di kecamatan.

Kedua, mempertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan perangkat daerah sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah.

Ketiga, menyelaraskan program dan kegiatan antar perangkat daerah dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah.

Keempat, menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing perangkat daerah.

RKPD Tahun 2023 sambung Bupati, merupakan Tahun kedua tahap pencapaian visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Banggai.

Untuk itu Bupati mengingatkan kepada Kepala Perangkat Daerah dan Camat, agar dalam penyusunan program dan kegiatan harus sinergi dengan upaya pencapaian visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Banggai.

“Dan Tahun ini Alhamdulillah Kabupaten Banggai kembali meraih Terbaik 1 (satu) Peringkat 18 Tingkat Nasional, dalam penilaian Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Se-Provinsi Sulawesi Tengah. Ini sangat membanggakan karena selama 6 Tahun berturut-turut yaitu Tahun 2016 sampai dengan Tahun 2022, Kabupaten Banggai masuk dalam 3 Besar, Penghargaan Pembangunan Daerah Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah,”terangnya.

“Tahun ini juga Kabupaten Banggai Masuk Dalam Penilaian Tahap II Bersaing dengan 16 (Enam Belas) Kabupaten yang Ada di Indonesia yang menjadi nominasi Perencanaan Terbaik Tingkat Nasional,”tutur Bupati menambahkan.

Bupatipun betharap penghargaan ini, mampu memotivasi setiap perangkat daerah untuk terus berupaya dalam meningkatkan kualitas perencanaan secara lebih baik, konsisten, konprehensif, terukur, dan dapat dilaksanakan.

“Dalam forum perangkat daerah ini, di harapkan mampu menghasilkan, dan menyepakati prioritas-prioritas kegiatan yang terbaik untuk masyarakat atas dasar kebutuhan masyarakat banyak, bukan keinginan semata dan bukan pula hanya kepentingan orang per orang,”pungkasnya.

Peserta Forum Perangkat Daerah yang hadir berjumlah 250 Orang, terdiri dari Anggota DPRD, Pimpinan OPD, Para Camat, Lurah dan Kades.(BP)