Pengurus Komda Alkhairaat Banggai Resmi Dilantik, Wabup Berharap Bantu Pemda Membina Generasi Muda

Pelantikan Pengurus Komda Alkhairaat Kabupaten Banggai masa khidmat 2023-2028.[Foto:BanggaiPost]

BANGGAIPOST.COM,Luwuk- Pengurus Komisariat Daerah (Komda) Alkhairaat Kabupaten Banggai masa khidmat 2023-2028 resmi dilantik oleh ketua utama HS. Alwi Bin Saggaf Aljufri.

Pengukuhan pengurus yang dirangkaikan dengan peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW tersebut, dipusatkan di Masjid Alkautsar Pondok Pesantren Alkhairaat Luwuk, Senin (27/2) malam.

Kegiatan diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran, laporan ketua panitia, serta pembacaan Surat Keputusan Ketua Utama Alkhairaat, tentang susunan Personalia Komda Alkhairaat masa khidmat 2023-2028 oleh Habib Idrus Alhabsyi.

Dilanjutkan kata-kata pelantikan oleh ketua utama HS. Alwi Bin Saggaf Aljufri yang diikuti seluruh pengurus Komda yang dilantik saat itu.

Usai pengukuhan pengurus, dilanjutkan Hikmah Hisra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW yang dibawakan oleh Habib Idrus Alhabsyi.

Dalam sambutannya Ketua Komda Alkhairaat Banggai, Habib Muhammad Alhabsyi,ST, mengucapkan terima kasih kepada Ketua Utama Alkhairaat yang telah hadir di kota Luwuk, sekaligus melantik pengurus Komda masa khidmat 2023-2028.

“Syukron, selamat datang ketua utama Alkhairaat di kota Luwuk Kabupaten Banggai, telah hadir bersama kami dalam rangkaian pelantikan pengurus yang dirangkaikan memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW,”ucapnya.

Dimata Habib Muhammad Alhabsyi, memimpin sebuah organisasi membutuhkan skill dan dukungan seluruh pengurus. Tanpa tim yang kompak, maka harapan dan cita-cita akan sulit diraih.

“Sebagai ketua, sayapun berharap kerjasama yang kompak dalam sistem kepengurusan. Meskipun dengan keterbatasan yang kami miliki, jika dikerjakan secara solid maka tujuan akan diraih. Sekali layar terkembang, surut kita berpantang,”tuturnya.

“Jika sulit bagimu maka berlari kecillah. Jika kamu lelah, berjalanlah. Jika itupun tidak mampu, merangkaklah. Namun jangan pernah berbalik arah atau berhenti,”tambahnya mengutip perkataan Imam Syafi’i.

Diakhir sambutannya, Ketua Komda Alkhairaat menyatakan kesediaannya bersama pengurus,  dalam hal menangani problem umat di Kabupaten Banggai.

” Kepada Pemerintah Daerah, kami siap, jika dibutuhkan dalam upaya penyelesaian problem umat,”tegasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementrian Agama Drs. H. Ma’sum Rumi, MM, dalam sambutannya, mengucapkan selamat, kepada pengurus Komda Alkhairaat yang baru saja dilantik.

Bahkan Kakan Kemenag, saat itu juga mengukuhkan pengurus Komda sebagai Mubaliq, yang siap di terjunkan dalam rangkaian kegiatan dakwah di Kabupaten Banggai.

Tidak itu saja, Kakan Kemenag juga akan  menggelontorkan program kerja sama, terkait pengembangan pendidikan Alkhairaat di daerah ini.

“Nanti kami buat MoU dengan Komda Alkhairaat terkai hal itu, sehingga jelas wilayah kerjanya,”ucapnya.

Rekomendasi Kakan Kemenag itupun disambut baik Wakil Bupati Banggai Drs.Furqanuddin Masulili,MM.

Pemerintah Daerah sambung Wabup, akan menempatkan Komda Alkhairaat dalam rangkaian kegiatan dakwah di daerah ini.

Sebagai forum generasi Islam, Komda Alkhairaat nilai Wabup, dapat memberikan pesan kebaikan baik secara langsung maupun tidak langsung (Melalui Medsos.red).

“Kami berharap, Alkhairaat di kabupaten Banggai dapat berfungsi sebagaimana mestinya, dapat menjadi benteng dan akhlak masyarakat. Sebagai perekat ukhuwah Islamiyyah, menyampaikan pesan moral pembangunan di masyarakat, sehingga masyarakat ikut serta berpartisipasi  dalam pembangunan yang digenjot pemerintah daerah,”pintanya berharap.

Selain itu, pinta Wabup, pentinganya kerja sama dalam upaya memberantas peredaran obat-obat terlarang di Kabupaten Banggai, yang dapat merusak generasi.

Ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah dan penegak hukum. Dibutuhkan peran semua pihak, salah satunya Komda Alkhairaat.

“Kami berharap kepada pengurus bisa bahu membahu dengan pemerintah memberikan yang terbaik bagi masyarakat, utamanya pembinaan generasi muda,”pungkasnya berharap.

Sekadar diketahui, turut hadir di kegiatan itu, unsur Forkopimda Banggai, Mantan Ketua Komda Alkhairaat dua periode Musdar Amin,SE,.MSi, dan Majelis Taklim, dan ratusan santri Ponpes Alkhairaat Luwuk. (NS)