Dialog Kebangsaan & Moderasi Beragama, Bupati Apresiasi PCNU Banggai

Dialog Kebangsaan dan Moderasi Beragama yang digelar PCNU Kabupaten Banggai di Hotel Santika Luwuk, Sabtu (4/3).[Foto:Dokumentasi BanggaiPost]

BANGGAIPOST.COM,Luwuk- Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Banggai mengapresiasi Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU), yang telah menggelar dialog kebangsaan dan Moderasi Beragama yang dipusatkan di Hotel Santika Luwuk, Sabtu (4/3).

“Atas nama pemerintah dan masyarakat kabupaten Banggai, mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi tingginya kepada PCNU Kabupaten Banggai, yang telah menyelenggarakan acara dialog kebangsaan dan moderasi beragama,  dengan tema, Mendigdayakan Nahdatul Ulama Menjemput Abad kedua menuju Kebangkitan Baru,”ucap Staf Ahli Bupati Banggai Yudi Ammy Amisudin,SH,.MH saat membacakan sambutan Bupati Ir.H.Amirudin sekaligus membuka kegiatan memperingati 1 abad NU tersebut.

Dikatakan, NU adalah organisasi masyarakat keagamaan terbesar yang ada di Indonesia, bahkan di dunia. Artinya, disamping jumlah anggotanya yang besar, juga kiprahnya telah mendunia.

NU nilai Bupati memiliki platform kuat, telah menunjukkan dedikasi yang tinggi dalam upaya memajukan bangsa, dengan kiprahnya diberbagai bidang. Ini menjadi bukti, wujud komitmen NU dalam perannya yang signifikan terhadap bangsa Indonesia.

“Kita semua disini tentu sudah ikut merasakan manfaatnya. Bagaimana kiprah NU sejak turut memperjuangkan kemerdekaan, hingga peran sertanya dalam mengisi kemerdekaan,”ujarnya.

Hingga saat ini, peran itu tidak pernah berhenti, terutama dalam mengisi kemerdekaan, baik di bidang keagamaan, sosial, dan pendidikan.

“Saya berharap NU terus dapat berperan serta dalam mengajarkan ajaran-ajaran dan amalan amalan keagamaan,”pintanya dalam sambutan itu.

NU juga turut serta menjaga gerakan Islam Indonesia, yang secara konsisten bergerak sebagai agama yang rahmatan Lil alamiin dan menolak cara cara kekerasan atas nama Islam.

Oleh karena itu, peran dan dukungan dari NU sangat penting dan dibutuhkan dalam rangka menjaga iklim sejuk ditengah kehidupan berbangsa, beragama, serta bermasyarakat saat ini.

“Kamipun berharap dukungan serta peran NU dalam pembangunan sekaligus semakin memantapkan perannya dalam ukhuwah Islamiyyah, insaniyah, dan wathoniyah serta berpartisipasi dalam pengentasan kemiskinan, dalam rangka mewujudkan Islam sebagai rahmatan Lil alamiin,”harapnya.

Dialog kebangsaan ini kata Bupati bertujuan untuk meningkatkan wawasan kebangsaan, memupuk rasa cinta tanah air, memperkuat semangat kebhinekaan, yang pada akhirnya untuk memperkenalkan jati diri bangsa Indonesia dalam memperkokoh ideologi Pancasila, yang tentunya tidak lepas dari norma norma agama.

“Saya menilai acara ini mengusung semangat positif, merangkul semua kalangan dan elemen dalam masyarakat untuk bersama-sama berdialog memperdalam wawasan kebangsaan kita. Membangkitkan rasa nasionalisme serta mempererat persatuan dan kesatuan bangsa dan juga memperkuat ketaatan kita kepada Allah SWT,”jelasnya.

Diakhir sambutannya, Bupati mengajak umat senantiasa menanamkan dalam diri, keinginan yang kuat membela bangsa dan negara. Sehingga tidak mudah tergoyahkan oleh berbagai isu dan masalah yang menerpa, khususnya masalah yang ada di wilayah Kabupaten Banggai.

Sekadar diketahui, menjadi Narasumber dalam dialog Kebangsaan itu yakni, Ketua Lakpesdam PBNU KH.Ulil Abshar Abdallah, Rois Syuriah PBNU Prof.Dr KH Zaenal Abidin, M.Ag, dan Ketua PWNU Sulteng Prof.Dr.KH..Lukman S.Thaher.

Turut hadir Unsur Muspida Kabupaten Banggai, Wakil Ketua DPRD Batia Sisilia Hadjar,SE,.MM, Ketua PCNU Banggai KH.Suardi Kandjai, Mantan Wakil Bupati Banggai Musdar M.Amin,SE,.MM,  Ketua Umum Perwis Hj.Sulianti Murad,SH,.MM, Ketua Komda Alkhairaat Banggai Habib Muhammad Alhabsyi,ST, GP Ansor, sejumlah ormas Islam, dan Warga Nahdliyin di Kabupaten Banggai. (NS)