Komda Alkhairaat Banggai Tancap Gas, Kembali Sambangi Pengcab di Empat Kecamatan

Kunjungan Pengurus Komda Alkhairaat Banggai ke Pengcab Kecamatan Batui, Minggu (19/3).[Foto:Dokumentasi BanggaiPost]

BANGGAIPOST.COM,Luwuk- Pasca dilantik pada Senin (27/2), Pengurus Komisariat Daerah (Komda) Alkhairaat Kabupaten Banggai masa khidmat 2023-2028, langsung tancap gas.

Sejumlah program yang dirumuskan melalui rapat kerja satu persatu mulai digiatkan. Salah satunya silaturahmi dan sosialisasi program kerja di seluruh tingkatan Pengurus Cabang (Pengcab).

Agenda ini pun telah tuntas digelar, pada Minggu (19/3). Wilayah yang terakhir disambangi oleh pengurus Komda meliputi Pengcab Moilong, Batui, Kintom dan Pengcab Nambo.

Kunjungan kerja ke empat wilayah itu dipimpin langsung oleh Ketua Komda Habib Muhammad Alhabsyi,ST, didampingi Sekretaris, para assisten, ketua-ketua bidang dan anggota.

Sejumlah poin penting yang disampaikan kepada pengurus cabang. Pertama, segera melaksanakan Musyawarah Cabang (Muscab) bagi kepengurusan yang telah berakhir periodisasinya.

Usai terpilih pengurus yang baru, Pengcab diarahkan untuk segera membuat pernyataan komitmen bersama membangun Alkhairaat.

“Kami sarankan budayakan musyawarah dalam pemilihan pengurus Pengcab yang baru. Karena Voting kerap menjadi sumber perpecahan. Selanjutnya ketua terpilih kami minta segera menyusun kepengurusan,”pintanya dihadapan para Pengurus Cabang.

Poin kedua yang disampaikan adalah, mewajibkan seluruh Pengcab menggelar kegiatan rutin berupa Ngopi Bareng pengurus, di isi dengan pembacaan Ratib Al-Haddad minimal 2 pekan sekali, bulan berjalan.

“Kegiatan ini rutin digelar Komda Alkhairaat. Dikandung maksud, rutinnya¬† pengurus bertemu, dengan sendirinya kekompakan sesama pengurus akan lahir dengan sendirinya. Disisi lain, banyak manfaat dengan membaca zikir Ratib Al-Haddad,”ujarnya.

Tidak itu saja, di poin ketiga, Ketua Komda meminta Pengcab, segera mengisi format yang memuat data sekolah, berupa kondisi siswa, guru, infrastruktur serta tanah wakaf, beserta permasalahannya. Tujuannya, untuk memenuhi dan melengkapi data base Komda dalam merealisasikan program berdasarkan skala prioritas.

Terkait tanah Wakaf, iapun meminta kepada Pengcab untuk segera mengubahnya ke ikrar Hibah.

“Dalam implementasinya, kami akan membentuk tim pengawas, baik dari segi keuangan maupun administrasi. Tujuannya untuk mengukur sejauh mana capaian program yang dijalankan,”ucapnya.

Diakhir penegasannya, Habib Muhammad Alhabsyi yang didampingi pengurus Komda, memperkenalkan sekretariat Komda Alkhairaat yang baru. Lokasinya terletak di Jalan KH.Agus Salim, kompleks Pondok Pesantren Alkhairaat Luwuk, Kabupaten Banggai.

“Komda memiliki sekretariat yang siap memfasilitasi dan melayani Pengcab. Untuk itu, kami mengajak kepada kita semua bergandengan tangan. Komitmen berbuat bersama-sama. Insya Allah kedepan Alkhairaat bisa punya warna di kabupaten Banggai,”tuturnya diaminkan seluruh Pengcab yang hadir.

“Kita berada ditempat yang tepat. Kita berada di perahu yang bagus. Guru tua adalah sang inspirator terbaik di Sulteng, yang telah menyiapkan wadah ini untuk berbuat di jalan Allah SWT,” pungkasnya menambahkan.

Sekadar diketahui pertemuan bersama Pengcab, selain di hadiri pengurus Komda, turut hadir para pimpinan Madrasah Alkhairaat di empat Kecamatan. (NS)