Bupati Banggai Sambangi Kantor BPK RI Perwakilan Sulteng

Bupati Banggai Ir.H.Amirudin saat menyambangi Kantor BPK RI Perwakilan Sulteng.

BANGGAIPOST.COM,Palu – Usai menghadiri Undangan dan sekaligus membuka dengan resmi kegiatan Diklat Audit Investigatif Level Basic bagi Auditor Inspektorat Kabupaten Banggai di BPKP Perwakilan Sulawesi Tengah, Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin,MM, menyambangi Kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulawesi Tengah.

Dalam kunjungannya, Bupati diterima langsung oleh Kepala BPK RI Perwakilan Sulawesi Tengah, Binsar Karyanto P, ST., MM., CSFA yang bertempat di ruang kerja Kepala BPK RI Perwakilan Sulawesi Tengah. Palu, Senin (26/2/2024).

Dikesempatan itu, Bupati Banggai menyampaikan Ucapan Terima Kasih dan Apresiasi atas sambutan hangat Kepala BPK RI Perwakilan Sulawesi Tengah.

Sejumlah poin disampaikan Bupati Amirudin saat pertemuan tersebut. Salah satunya terkait upaya peningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah.

Menggenjot hal itu kata Bupati, dibutuhkan Aksi Kolaborasi dan Sinergitas antara BPK dan Pemerintah Daerah. Apalagi pengelolaan keuangan Daerah Kabupaten Banggai setiap tahunnya semakin meningkat dan tentunya dibutuhkan kehati-hatian di dalam pengelolaan keuangan negara. Sehingga Diharapkan, optimalisasi  bimbingan dan pembinaan pengelolaan keuangan dari BPK RI Perwakilan Sulawesi Tengah sesuai dengan kewenangannya terus dilakukan.

Bupati juga menyampaikanl aporan hasil tindaklanjut terhadap audit yang telah dilakukan oleh BPK RI Perwakilan Sulawesi Tengah termasuk tindak lanjut terhadap optimalisasi potensi daerah.

”Kami telah menindaklanjuti hasil audit khususnya terkait dengan optimalisasi potensi daerah, selain melakukan beberapa kajian terhadap potensi daerah di tahun 2024, kami juga baru saja telah menandatangani Nota Kesepakatan Sinergi (NKS) dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) RI yang salah satu kesepakatannya yaitu pengembangan Potensi Unggulan Daerah (PUD)” tuturnya.

Kepala BPK RI Perwakilan Sulawesi Tengah, Binsar Karyanto P, ST., MM., CSFA, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Banggai yang telah berkunjung di Gedung BPK RI Perwakilan Sulawesi Tengah.

“Tanggungjawab terhadap peningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan merupakan tanggungjawab kita bersama, sehingga sinergitas dan kolaborasi yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah melalui Bupati Banggai harus diperkuat melalui koordinasi dan konsultasi,”ujar Binsar. (Dkf)