Balai POM Gelar Konsultasi Publik: Diharap Dampingi UMKM Daerah

Foto:Humas Setdaprov Sulteng

BANGGAIPOST.COM,Palu-Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Sulawesi Tengah, Dr. Rudi Dewanto, MM membuka Forum Konsultasi Publik Balai POM Palu, pada Kamis (27/1), di Hotel Santika.

Kegiatan tersebut diapresiasi sebagai kanal menyerap berbagai masukan guna meningkatkan kualitas layanan Balai POM.

Plt.Asisten menyarankan lembaga-lembaga publik lainnya, dapat meniru langkah Balai POM Palu secara rutin melaksanakan forum konsultasi publik.

“Untuk dilakukan secara rutin guna mendorong kinerja aparatur, meningkatkan image dan menjaga kepercayaan publik,” ungkapnya saat membacakan sambutan gubernur.

Ditambahnya lagi pendampingan Balai POM saat ini sangat dibutuhkan untuk mengangkat industri UMKM daerah ke nasional.

Dari data asisten, ada 32 industri di Sulteng yang sudah masuk ke pasar nasional dan 10 lagi berupa industri rumah tangga saat ini masih berproses ke sana.

“Dengan adanya pendampingan Balai POM semoga produk-produk UMKM dapat terjaga kualitas dan nilainya sehingga tidak hanya (dikonsumsi) di konsumen lokal tapi bisa naik ke nasional,” harap Plt Asisten menambahkan.

Sementara Kepala Balai POM Palu Agus Riyanto, S.Farm, Apt mengatakan selain peran pengawasan obat dan makanan, balai juga berperan dalam pemberdayaan masyarakat.

Karenanya forum konsultasi publik ialah terobosan balai untuk perbaikan dan peningkatan layanan prima.

“Kami harap bapak ibu bermurah hati memberi masukan untuk perbaikan layanan,” harapnya.

Menguatkan kepala balai, narasumber kegiatan yakni Kepala Perwakilan Ombudsman Sulteng Sofyan Farid Lembah mengimbau supaya Balai POM tidak kaku terhadap kritik maupun masukan dari pengguna layanan.

“Karena kritik dan masukan adalah makanan Balai POM untuk meningkatkan kualitas,” pesannya.

Kegiatan forum dihadiri mitra kerja Balai POM antara lain dari OPD, pelaku usaha, fasilitator, kepolisian dan media. (Rls)