Anggota BPD Terpilih Resmi di Laktik, Camat : BPD dan Pemdes Harus  Bersinegri

Pelantikan anggota BPD di Kecamatan Luwuk Timur.[Foto:Istimewa]

BANGGAIPOST.COM,Luktim – Sebanyak 20 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) terpilih di Kecamatan Luwuk Timur resmi di lantik. Adapun yang di lantik tersebut adalah anggota BPD dari 4 desa yakni desa Indang Sari,Lontos,Louk dan Kayutanyo.

Para anggota BPD terpilih, di lantik langsung oleh Camat Luwuk Timur, Adnan B Lasantu,berdasarkan Surat Keputusan ( SK) Bupati Banggai, Nomor: 141/265/DPMD tentang pengresmian anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD),periode 2022 – 2028.

Pelantikan dan pengukuhan anggota BPD tersebut,berlangsung di Wisata Sehati Louk,yang di hadiri Dandramil 1308/01 Kapten Inf Romel kamea,Kasubsektor,Ketua PABPDSI,Kades,Camat,Sekcam dan Jajaranya,Jumat (25/2/2022).

Mengawali sambutannya Camat Luwuk Timur AB Lasantu mengatakan, permohonan maaf atas tidak hadirnya Bupati Banggai dalam melantik dan mengkukuhkan BPD saat ini.

“Beliau tidak sempat hadir karena ada satu dan lain hal,jadwal beliau juga sangat padat.Sehingga beliau mengamanatkan dan menyerahkan pihak Kecamatan untuk melantik BPD terpilih,” ujar Adnan

Selain menyampaikan amanat Bupati Banggai,Adnan B Lasantu dalam sambutanya mengingatkan bahwa BPD merupakan mitra bagi Pemerintahan Desa (Pemdes) dan bukan saingan bagi Kepala Desa.

Camat juga mengharapkan BPD dan pemerintah desa hurus menjalin  hubungan yang baik,mengembangkan hubungan kerja yang rasional sehingga tidak menimbulkan hal-hal yang dapat menghambat jalannya roda pemerintahan.

“Saya harapkan dengan hadirnya BPD yang baru ini dapat  memberikan pembelajaran tentang proses berdemokrasi yang benar-benar mencerminkan slogan, dari rakyat, oleh rakyat dan rakyat di tingkat desa,”ucapnya

Lebih lanjut dia mengatakan seluruh Badan Permusyawarah Desa yang baru saja dilantik,saya ucapkan selamat melaksanakan tugas untuk masa bakti selama 6 (enam) tahun kedepan. Dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab agar selalu ingat terhadap sumpah/janji yang saudara-saudari ucapkan pada saat diresmikan, laksanakan tugas dengan berpadoman kepada ketentuan-ketentuan dalam peraturan Perundang-Undangan,”tandasnya.

Semetara itu,Kades Kayutanyo Yanti R Saini berharap d BPD yang baru di lantik agar melaksanakan tugas dengan sebaik baiknya,bekerja sesuai topuksi dan tanggung jawab.

Yang paling penting adalah membangun kerja yang baik antara Pemdes,mengawal aspirasi masyarakat untuk pembangunan kedepan.

” Semoga dengan hadirnya BPD yang baru ini,sebagai pilihan rakyat dapat memberikan warna untuk pembangunan kedepan,dirinya juga tidak mengucapkan selamat kepada seluruh BPD yang telah resmi di lantik,”papar Yanti

Hal senada juga di sampaikan Kades Indang Sari Wilson Toki’i.Dia juga berharap semoga BPD yang baru saja di lantik dapat menjalankan tugas berdasarkan fungsi dan tanggung jawab sesuai aturan yang berlaku,”selamat kepada anggota BPD terpiliih,”tutupnya.(al)