Porprov Sulteng Makin Dekat, Dana Pemprov Belum Cair, Ketua Panitia: Banggai Siap Tuan Rumah

Ketua KONI Banggai bersama Ketua Panitia saat memberikan penjelasan terkait kesiapan Kabupaten Banggai selaku tuan rumah menggelar Porprov Sulteng ke-IX.[Foto: BanggaiPost]

BANGGAIPOST.COM, Luwuk- Pelaksanaan Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) Sulawesi Tengah ke-IX sudah semakin dekat, digelar 19-26 November 2022, namun dana Pemerintah Provinsi (Pemprov) belum juga cair.

Meskipun begitu, proses tahapan Porprov di Kabupaten Banggai selaku tuan rumah tetap berjalan.

Seperti diutarakan Ketua Panitia Porprov Sulteng ke IX Syarifudin Abas kepada sejumlah wartawan bertempat di gedung KONI Kabupaten Banggai, Selasa (30/8).

Ditegaskan, selaku tuan rumah, Kabupaten Banggai sangat siap menyelenggarakan Iven olah raga 4 tahunan itu. Hingga saat ini, tahapan Porprov tengah berlangsung.

“Sesuai schedule, saat ini tengah dibuka pendaftaran untuk masing-masing Cabor. Pendaftaran di tutup tanggal 31 Desember 2022 pukul 00:00 WITA,”jelasnya.

Baca Juga :  Jelang Pemilu 2024, Polres & KPU Banggai Teken Kerja Sama

Tidak hanya itu, kesiapan juga pada aspek penataan venue, dimana Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai telah menyiapkan anggarannya.

“Untuk anggaran Rehab fasilitas Cabang Olah Raga telah disiapkan Pemda Banggai. Tinggal menunggu porsi anggaran Pemprov. Informasi terakhir anggarannya sudah ditetapkan pada pembahasan KUA PPAS DPRD Sulteng,”tuturnya.

Namun begitu, pihak panitia belum menerima informasi yang jelas mengenai kepastian direalisasikannya anggaran tersebut. Pasalnya, dalam agenda pembahasan di DPRD, masih ada sejumlah mekanisme yang harus dilalui pasca ditetapkannya KUA PPAS.

“Belum ada kepastian kapan direalisasikan Anggaran Pemprov. Kami menunggu Tim Panwasra Sulteng. Rencana mereka akan ke Banggai tanggal 4 September. Semua akan kita bahas pada tanggal 4 nanti. Termasuk alokasi anggaran yang direalisasikan Pemprov,”ujarnya.

Baca Juga :  Final Voli Semi Open Turnamen Montolutusan Cup, Tim Tuan Rumah Timbong di Tantang Tim Mandiri A

Diketahui, mengatasi molornya realisasi anggaran Pemprov Sulteng, sementara jadwal pelaksanaan Porprov sudah semakin dekat, KONI Banggaipun berinisiatif mengubah jadwal pelaksanaan pertandingan Olah Raga gawean Pemprov Sulteng itu.

Usulan itu, mengubah pelaksanaan kegiatan yang awalnya ditetapkan pada 19-26 November menjadi tanggal 10-17 Desember 2022.

“Kami sudah menyampaikan secara lisan usulan perubahan jadwal kegiatan kepada ketua KONI Sulteng. Namun belum ada surat resmi yang disampaikan kepada kami,”ungkap Ketua KONI Banggai Muntasar Abd Azis.

Upaya ini ditempuh kata dia, mengingat adanya informasi bahwa anggaran Pemprov, baru dapat di realisasikan pada Bulan Oktober mendatang, sementara jadwal kegiatan digelar pada Bulan November.

“Waktunya sangat mepet, untuk menyiapkan segala sesuatunya terkait kegiatan yang dialokasikan melalui anggaran Pemprov. Sehingga kami usulkan, kegiatan di undur tanggal 10-17,”pungkasnya. (NS)

Baca Juga :  Tingkatkan Semangat Kewirausahaan, Pemkab Banggai Gelar Sosialisasi Sentra Kewirausahaan Pemuda