Melalui Program JMS, Kejari Banggai Laut Menyapa SMP Negeri 1 Banggai Selatan

JAKSA MASUK SEKOLAH: Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Banggai Laut mengunjungi SMP Negeri 1 Banggai Selatan di Desa Bentean, Senin (20/06)


BANGGAI POST, BALUT– Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Banggai Laut melaksanakan kegiatan Jaksa Masuk Sekolah (JMS). Kali ini SMP Negeri 1 Banggai Selatan di Desa Bentean yang dikunjungi oleh Kejari Banggai Laut. Kegiatan JMS berlangsung selama tiga jam itu di fokuskan di Aula SMP Negeri 1 Banggai Selatan, Senin (20/06).

Kegiatan JMS secara resmi dibuka oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Banggai Selatan Arsad Kadis yang kemudian dilanjutkan dengan materi yang disampaikan Kepala Seksi Intelijen Achmad Bhirawa Bissawab, S. H., M.H. dengan materi Sosialisasi UU Nomor 11 tahun 2021 sebagai perubahan UU Nomor 16 tahun 2004 tentang Kejaksaan Republik Indonesia dan Bahaya Narkotika & pencegahannya.

Baca Juga :  Satu Hari, Dua Kasus Narkoba diungkap Ditresnarkoba Polda Sulteng

Kasi Intel menjelaskan, bahwa pemaparan materi penyuluhan hukum kepada para siswa dilakukan dengan metode active learning yang dilanjutkan tanya jawab. Respons yang diberikan sangat baik karena para siswa sangat serius dalam menyimak dan mengikuti pemberian materi serta aktiv dalam memberikan pertanyaan.
“Untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi Intelijen Kejaksaan dalam Penyuluhan Hukum dan Penerangan Hukum oleh Kejaksaan Negeri Banggai Laut merupakan wujud nyata sesuai surat petunjuk Instruksi Jaksa Agung Republik Indonesia tentang Petunjuk Pelaksanaan Peningkatan Tugas Penyuluhan Hukum (Luhkum) dan Penerangan Hukum (Penkum) Program Pembinaan Masyarakat Taat Hukum (Binmatkum) dan sesuai surat petunjuk Jaksa Agung Republik Indonesia tentang Pembentukan Tim Jaksa Masuk Sekolah (JMS),” terang Kastel Achmad Bhirawa kepada media ini.

Baca Juga :  Polisi Amankan Setengah Kilogram Lebih Sabu di Hanga-Hanga Permai

Selanjutnya Kejaksaan Negeri Banggai Laut khususnya Seksi Intelijen akan terus aktif dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi Intelijen Kejaksaan dalam memberikan Penyuluhan Hukum dan Penerangan Hukum kepada seluruh lapisan masyarakat dengan salah satu bentuknya adalah Jaksa Masuk Sekolah dengan sasaran adalah siswa sekolah untuk meningkatkan kesadaran hukum sejak dini kepada lingkungan pelajar.

Lebih lanjut, Kasi Intel menjelaskan bahwa Program Jaksa Masuk Sekolah ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan.
“Kegiatan Jaksa Masuk Sekolah kali ini mendapat perhatian dan atensi baik dari Guru maupun Murid yang hadir dan dapat dilihat dari serius dan aktifnya peserta dalam menyimak materi, melakukan dialog dua arah dan memberikan pertanyaan,” tuturnya.(IK)