Hari Patriotik ke-80, Bupati Banggai Ikuti Lomba Napak Tilas

Foto:Diskominfo Banggai

BANGGAIPOST.COM,Luwuk– Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin mengikuti Lomba Napak Tilas bersama 200 peserta, menempuh rute dari Titik Nol Kecamatan Luwuk dan finish di Lapangan 12 Februari, Kecamatan Pagimana.

Lomba tersebut digelar Dalam rangka memperingati Hari Patriotik 12 Februari yang ke 80 Tahun.

Pelepasan peserta lomba dilaksanakan di halaman Kodim 1308 Luwuk Banggai, pada hari Jumat (11/2/22) yang dimulai pukul 16.30 Wita. Turut pula berpartisipasi dalam rombongan peserta lomba, Wakil Bupati Banggai, H. Furqanudin Masulili, Wakil Ketua DPRD Banggai, Batia Sisilia Hadjar, unsur Forkopimda, pimpinan BUMN dan BUMD, perwakilan Organisasi Perangkat Daerah, instansi pendidikan dan para peserta yang berasal dari berbagai komunitas, organisasi, dan elemen masyarakat.

Dalam sambutan sebelum melepas peserta, Ir. H. Amirudin berujar, kegiatan ini dilaksanakan untuk mengenang jasa para pahlawan asal Banggai yang lebih dahulu telah melakukan proklamasi kemerdekaan pada Tahun 1942.

“Mereka pada waktu itu berjalan kaki dari Luwuk ke Pagimana dalam upaya memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, sehingga saat ini, kita akan mencoba mengikuti jejak-jejak mereka sebagai generasi penerus perjuangan,” imbuh Bupati Banggai.

Beliau mengingatkan pula supaya peserta memahami kondisi masing-masing dan jangan memaksakan diri. Jika tidak mampu, Ir. H. Amirudin melanjutkan, silahkan naik mobil yang telah disediakan panitia.

Agar peserta menjadi lebih memotivasi, Bupati Banggai menjanjikan hadiah bagi peserta yang sampai terlebih dahulu. Pertama berupa 100 medali yang diberikan pihak Kantor BNI Cabang Luwuk, dan hadiah undian dua buah sepeda motor dari beliau sendiri bagi mereka yang sampai di garis akhir tanpa loading.

Selain Lomba Napak Tilas, Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai juga menyelenggarakan berbagai rangkaian kegiatan yang dipusatkan di Pagimana dalam rangka memperingati Hari Patriotik 12 Februari keesokan harinya. Diantaranya, lomba jalan santai, lomba kue tradisional, lomba gerak jalan indah, upacara peringatan da launching buku sejarah. (KF)