Hunduhon Krisis Air, Pemdes dan Pemcam Diminta Cari Solusi

Kondisi Bak Penampung milik warga yang tak lagi di aliri air.

BANGGAIPOST,LUKTIM – Krisis air bersih melanda Desa Hundohon Kecamatan Luwuk Timur sejak sebulan terakhir. Kondisi inipun memicu kecemasan dan keresahan masyarakat setempat.

Warga pun meminta Pemerintah Desa (Pemdes) dan Kecamatan (Pemcam), segera mencari solusi atas problem ini.

Bukan hanya untuk kebutuhan rumah tangga, krisis air juga menyentu istansi pemerintah yang melayani kepentingan masyarakat, semisal puskesmas.

“Kalau krisis ini terus berlanjut, maka sudah barang tentu dapat mempengaruhi kinerja kami dalam memberikan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat,”ungkap Haliq, salah seorang staf puskesmas, Senin 17 Januari 2022.

Haliq menyebutkan, kesulitan mendapatkan suplai air bersih di puskesmas Hunduhon sudah berlangsung sejak sebulan terakhir.

Bahkan, persediaan air sumur yang terdekat pun juga sulit untuk didapatkan. Untuk memenuhi kebutuhan di puskesmas, pihaknya terpaksa membeli air isi ulang. Bahkan parahnya lagi, mereka acapkali menggunakan air sungai untuk kebutuhan pelayanan.

Baca Juga :  Cegah Korupsi Pilkada, JMSI Siapkan Panggung untuk Ketua KPK

Halig menuturkan, pihaknya sudah melaporkan kepada pemerintah setempat agar krisis air itu segera mendapatkan penanganan serius.
“Mudah-mudahan masalah ini mendapat perhatian serius dari pemerintah setempat. Terlebih kepada kepada Pemerintah Kecamatan untuk membantu dan mencarikan solusi agar persoalan air bersih ini segeara ditangani,” ujarnya

Apalagi lanjut dia, krisis air bersih ini justru paling dirasakan masyarakat di pusat Kecamatan.”(al)