Bupati Banggai Salurkan Bantuan Alat Tangkap Ikan

Foto: Bagian Prokopim Setda Banggai

 

BANGGAIPOST,Luktim – Bupati Banggai Ir.H. Amirudin menyerahkan puluhan bantuan alat tangkap ikan kepada kelompok nelayan yang tersebar di tujuh Kecamatan.

Penyerahan bantuan tersebut dipusatkan di
lokasi pembuatan kapal PT. Ilmi Bangun Marine (IBM) Desa Kayutanyo, Kecamatan Luwuk Timur, Senin (3/1).

Bantuan alat tangkap ikan itu bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU) tahun 2021, Dinas Perikanan Kabupaten Banggai.

Terdiri dari bantuan perahu penangkap ikan 10 unit, mesin tempel 10 unit serta 10 boks peralatan pancing yang bersumber dari dana Pokir DPRD kabupaten Banggai.

Bantuan yang diserahkan, diterima langsung oleh ketua-ketua kelompok yang tersebar di sejumlah Kecamatan. Yakni, Kelurahan Bungin Kecamatan Luwuk, Desa Uwedikan Kecamatan Luwuk Timur, Kelurahan Kilongan dan Desa Boyou’ kecamatan Luwuk Utara, Desa Nipa Kecamatan Lamala, Talang Batu kecamatan Balantak, Desa Giwang dan Tanggawas Kecamatan Balantak Selatan, serta Desa Toiba dan Longkoga, Kecamatan Bualemo.

Baca Juga :  Jelang Pelantikan Eselon II di Banggai Laut, Siapa Angkat Koper?

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan, bahwa, bantuan tersebut merupakan program Pemda Kabupaten Banggai, dalam meningkatkan taraf hidup dan produktivitas masyarakat yang dilakukan secara terencana, terarah, terukur, berkelanjutan.

Dengan sebuah harapan, terwujudnya kehidupan masyarakat yang sejahtera dan bermartabat.

“Dengan diberikannya bantuan ini, dapat meningkatkan penghasilan agar tingkat sosial ekonomi maupun kesehatan menjadi lebih baik. Dan yang terpenting adalah, bisa merubah pola pikir dan sikap mental keluarga nelayan dari ketergantungan pola hidup yang konsumtif, menjadi mandiri dan produktif,” ujar bupati.

Ia pun mengimbau kepada penerima bantuan agar benar-benar dapat memanfaatkan bantuan tersebut.

” Bantuan ini dapat menjadi nilai tambah bagi masyarakat khususnya nelayan.
Jangan dilihat besar kecilnya bantuan yang diberikan, akan tetapi yang terpenting adalah niat dan tujuan kita guna meringankan beban dan menambah motivasi masyarakat dalam usaha produktif,” tambahnya.

Baca Juga :  Wanita Dijuluki Si Gimbal Tutup Usia

Turut hadir dalam kegiatan itu, Wakil Bupati Banggai Furqanuddin Masulili, Kepala Dinas Perikanan para kepala desa serta masyarakat penerima bantuan.(al/ir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *