Launching BUMDES Maima, Bupati: Tak Boleh Digunakan Untuk Usaha Simpan Pinjam

Bupati Banggai Ir.H.Amirudin saat melaunching BUMDES Maima. [Foto: Bagian Prokopim Setda Banggai]

 

BANGGAIPOST,Toili- Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai resmi melaunching program Bumdes Maima (Maju,Amanah,Ini Atif,Mandiri, dan andalan) di Desa Tanah Abang Kecamatan Toili, Kabupaten Banggai, Sabtu (18/12).

BUMDES Maima digenjot melalui pemberian bantuan permodalan kepada 23 BUMDES penerima, tahun anggaran 2021.

Kegiatan Launching BUMDES tersebut dirangkaikan dengan kegiatan Pasar Rakyat (Pasar Jajanan Desa) serta Pelayanan Perekaman E KTP Dan KK, yang dilaksanakan di Wisata Dego-dego Sawah Desa Tanah Abang Toili.

Pasar jajanan di desa ini menyajikan menu makanan dan minuman khas tradisional dan unik. Aneka menu yang disajikan sangat sederhana, alami, tanpa pengawet, pewarna dan pemanis buatan. Pembelianpun dapat menggunakan alat tukar tempo doeloe oeang benggol.

“Berangkat dari salah satu misi Pemerintah Daerah, yakni menciptakan kemandirian ekonomi yang produktif dan berdaya saing melalui pemanfaatan tekhnologi, maka di tahun ini pula Pemerintah Daerah mengucurkan Bantuan permodalan kepada 23 Bumdes yang telah memenuhi syarat dan kriteria, sebagai penerima bantuan, hal ini dimaksudkan untuk merangsang Bumdes yang ada di Kabupaten Banggai untuk lebih mengembangkan diri, memajukan usahanya, potensi sumber daya alamnya, demi kesejahteraan masyarakat secara Umum,” Jelas Bupati saat Melouncing Program Bantuan Bumdes.

Lebih lanjut Bupati Amirudin mengatakan, hal paling penting dalam Pengelolaan Bumdes adalah sustainable yakni berkesinambungan.

“Hal paling penting yakni bagaimana membangun Bumdes dengan baik agar berjalan secara berkesinambungan, sehingga asas manfaatnya dapat dirasakan dengan betul oleh masyarakat. Saya tegaskan kembali
Sesuai Peraturan Bupati Banggai nomor 43 Tahun 2021, cukup jelas bahwa bantuan permodalan Bumdes ini tidak boleh di gunakan untuk usaha simpan pinjam” tegas Bupati

Diinformasikan, di tahun berikutnya BUMDES penerima bantuan permodalan akan terus bertambah, sepanjang memenuhi kriteria.

“Desa-desa yang belum menerima bantuan Bumdes pada tahun ini jangan berkecil hati,
Pengelola harus serius, apabila mau mendapatkan bantuan penuhi persyaratannya dan diajukan ke kami” tambah Bupati.

Bupatipun berharap, kepada 23 Bumdes penerima bantuan, agar mengelolahnya dengan baik. Mampu mengembangkan usaha yang ada, serta dapat memacu geliat ekonomi. Mudah-mudahan Launching Bumdes Maima ini akan menjadi momentum kebangkitan perekonomian di Desa, mari kita jadikan Desa sebagai sumber penghidupan dan kehidupan bagi warganya. Semoga Sukses, dan menjadi berkah. Tutup Bupati Amirudin dengan sebuah pantun.

Turut hadir Unsur Forkopimda, Kepala OPD, unsur Forkopimcam, Kabag Prokopim bersama staf, para tokoh masyarakat, serta seluruh masyarakat yang turut berpartisipasi. (Bp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *