Bantu Masyarakat, Fakultas Hukum Untika Launching Lembaga Penelitian, Konsultasi dan Bantuan Hukum

Prosesi Launching Lembaga Penelitian, Konsultasi dan Bantuan Hukum Fakultas Hukum (LPKBH-FH) Untika, yang digelar Kamis (14/10). [Foto:Istimewa]

 

BANGGAIPOST,Luwuk- Dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi, Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, serta Pengabdian kepada Masyarakat, Fakultas Hukum Untika melaunching Lembaga Penelitian, Konsultasi dan Bantuan Hukum (LPKBH-FH).

Salah satu terobosan dibentuknya lembaga ini adalah untuk membantu masyakat tidak mampu dalam perkara litigasi maupun non litigasi.

“Adapun lingkup kegiatan LPKBH FH-Untika yang pertama adalah melayani konsultasi dan bantuan hukum cuma-cuma bagi masyarakat tidak mampu dalam perkara litigasi maupun non litigasi,”tegas Dekan Fakultas Hukum Dr.Andi Munafri DM,SH,.MH disela-sela launching LPKBH FH diaula kampus biru Untika, Kamis (14/10).

Tujuan dibentuknya LPKBH FH selanjutnya kata dekan adalah memberi layanan konsultasi dan bantuan hukum untuk masyarakat, lembaga pemerintah sebagai badan hukum publik serta badan hukum privat maupun Organisasi Kemasyarakatan dalam perkara litigasi maupun non litigasi;

Turut serta melakukan kerja sama dengan Lembaga Penegak Hukum dalam hal penyuluhan hukum, sosialisasi hukum serta dapat berperan aktif dalam kegiatan peningkatan profesionalitas peran lembaga penegak hukum;

Melakukan Penelitian baik secara mandiri maupun dalam bentuk kerja sama dengan Lembaga pemerintah sebagai badan hukum publik maupun badan hukum privat dan Organisasi Kemasyarakatan;

Melakukan eksaminasi terhadap produk hukum pemerintah maupun putusan lembaga peradilan;

Melakukan Legal Audit Dan Legal Opinion serta melakukan pengembangan perencanaan karir profesi hukum mahasiswa hukum dan alumni yang berprofesi hukum.

Sementara itu Plt. Rektor Untika Taufik Bidullah SE.,MSi mengapresiasi terobosan Fakultas Hukum dengan membentuk LPKBH- FH.

“Hal ini menjadi salah satu bukti kemajuan Fakultas Hukum Untika, harapannya LPKBH-FH Untika menjadi wadah pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya pada fakuktas Hukum dan umumnya Untika, jika semua Fakultas berkembang maju maka tentunya Untika juka akan berkembang maju,”ujarnya.(NS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *