Pembibitan Ternak Tandos dan Baya Dijadikan Sentra Edukasi Bagi Pelajar

BANGGAIPOST,Luwuk- Pusat pembibitan ternak Sapi yang terletak di Tandos dan Desa Baya terus dikembangkan menjadi sentra edukasi bagi pelajar.

Upaya ini terus di genjot Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Banggai dalam mengimplementasikan Visi, Misi Bupati Banggai.

Sejumlah lembaga pendidikanpun tampak mulai menggiatkan praktek lapangan di dua lokasi tersebut.

Sekolah Menegah Kejuruan Negeri (SMKN) 5 Luwuk Timur misalnya. Saat ini puluhan pelajar di sekolah itu tengah mengikuti praktik lapang di tempat itu.

,”Para pelajar SMK 5 Luwuk Timur baru enam hari melakukan praktek lapangan. Baru sebatas pengenalan lokasi dan management pakan di Tandos. Saat ini sudah di arahkan di Baya untuk kegiatan praktek inseminasi buatan dan penyuluhan ternak penyakit dan penanganan ternak ruminansia,”ungkap salah seorang petugas di pusat pembibitan ternak Tandos kepada Banggai Post, Selasa (12/10).

Baca Juga :  Bupati: Covid-19 Bukan Aib, Jangan Disembunyikan

Sementara itu Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Ir.Ferlyn Monggesang, MSi menegaskan, menjadikan pusat pembibitan Tandos dan Baya sebagai tempat edukasi bagi pelajar adalah bagian dari komitmen Pemerintah Daerah dalam meningkatkan SDM khususnya disektor peternakan.

Bagi peserta yang mengikuti praktek lapang urai Ferlyn diajari metode membudidayakan ternak, standar kandang, merawat ternak agar tidak mudah terkena penyakit, serta cara mengelolah usaha peternakan.

“Oleh petugas, mereka dibekali materi seputar analisa usaha dan prospek pemasaran, manajemen kandang dan pembibitan, manajemen kesehatan ternak dan reproduksi, praktikum kesehatan ternak. Dan masih banyak lagi,”terangnya.

Kadis berharap, melalui sarana praktik lapang yang di fasilitasi Pemerintah Daerah melalui Dinas Peternakan dan Keswan, peserta didik dapat meningkatkan SDM, dan kelak menjadi motor penggerak usaha peternakan di daerah ini.

Baca Juga :  Warga Morowali Hanyut Ditemukan Diperairan Moilong

“Dengan sarana ini pelajar lebih giat menggali informasi dari petugas di lapangan. Dan kamipun akan terus memantaunya,”pungkasnya.(NS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *