Sofyan-Ablit Sah Bupati dan Wakil Bupati Balut

PENETAPAN PASLON TERPILIH : Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banggai Laut Tahun 2020. (FOTO MOHAMAD IKBAL/BANGGAI POST)


BANGGAI POST, BALUT– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banggai Laut menetapkan pasangan Sofyan Kaepa,SH dan Ablit H Ilyas,SH (BASOKA SOLIT) sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Banggai Laut terpilih pada pilkada 2020.

Penetapan dilakukan melalui rapat pleno terbuka di Gedung Balai Diklat BKPSDM Desa Mominit Kecamatan Banggai Tengah, Sabtu (23/01).

Rapat pleno dipimpin Ketua KPU Banggai Laut Muh. Syarif Asgar A. Uda’a serta didampingi empat komisioner KPU, dihadiri Bawaslu Banggai Laut, Bupati terpilih Sofyan Kaepa, Pengurus partai politik pengusung, pengurus partai politik, serta jajaran Forkopimda Kabupaten Banggai Laut.

Baca Juga :  Aksi PPDI Buntu, Pemda Sarankan PTUN, Buntut Pemberhentian Lima Perangkat Desa

Ketua KPU Banggai Laut Muh. Syarif Asgar A. Uda’a mengatakan, penetapan bupati dan wakil bupati terpilih sebagai tindak lanjut surat Panitera Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia Nomor: 165/PAN.MK/01/2021 tanggal 20 Januari 2021 perihal Keterangan Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota Tahun 2021. “Surat itu menyatakan tidak terdapat pengajuan permohonan perselisihan hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banggai Laut Tahun 2020 kepada Mahkamah Konstitusi,” kata Syarif Uda’a sebelum membuka secara resmi rapat pleno tersebut, Sabtu (23/01).

Lanjutnya, dari tujuh kabupaten dan satu kota yang melaksanakan pilkada serentak 2020 di Provinsi Sulawesi Tengah, Kabupaten Banggai Laut satu-satunya Kabupaten yang tidak masuk dalam perselisihan hasil pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Mahkamah Konstitusi. “Ini merupakan prestasi tersendiri bagi Kabupaten Banggai Laut,” tuturnya.

Baca Juga :  HUT Banggai ke-62, Bupati: Walaupun Sederhana tapi Khidmat dan Bermakna

Berdasarkan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pada Pilbup Banggai Laut 2020, pasangan tersebut unggul dari tiga pasangan lainnya dengan perolehan suara sebanyak 14.107 suara atau sekitar 34,7 persen.

Bupati Banggai Laut Terpilih Sofyan Kaepa mengaku, bersyukur Pilbup berlangsung dengan baik dan lancar.

“Alhamdulillah dapat dilalui dengan baik. Tidak ada gugatan di Mahkamah Konstitusi. Pilbup Banggai Laut 2020 berjalan dengan clean dan clear,” ujar Sofyan.

Dirinya menyatakan siap menjalankan tugas dengan amanah. Dan juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Banggai Laut karena Pilbup Banggai Laut 2020 berjalan lancar, aman, dan sukses. “Saya bersama Pak wakil, Ablit H Ilyas, siap bekerja untuk rakyat Banggai Laut. Meski kami belum dilantik tapi kami sudah mulai kerja demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Banggai Laut kedepan,” ungkap Sofyan. (IK)

Baca Juga :  Diduga Cabuli Gadis 15 Tahun, Pemuda Asal Kintom Diamankan Polisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *