banner 728x250

Tak Realisasikan Kesepakatan, Puluhan Petani Demo PT. Sawindo Cemerlang

Puluhan Petani Plasma Sawit yang tergabung dalam Front Rakyat Batui Lingkar Sawit, melakukan Aksi Demo didepan kantor PT. Sawindo Cemerlang, Senin, (11/1).[Foto:Istimewa]
Puluhan Petani Plasma Sawit yang tergabung dalam Front Rakyat Batui Lingkar Sawit, melakukan Aksi Demo didepan kantor PT. Sawindo Cemerlang, Senin, (11/1).[Foto:Istimewa]
BANGGAIPOST,Batui-Puluhan Petani Plasma Sawit yang tergabung dalam Front Rakyat Batui Lingkar Sawit, melakukan Aksi Demo didepan kantor PT. Sawindo Cemerlang, Senin, (11/1).

Dalam rilis yang di terima BanggaiPost menyebutkan, Aksi demo tersebut dilakukan sebagai bentuk kekesalan Petani terhadap perusahaan yang belum merealisasikan hasil kesepakatan yang telah di buat pada 31 Januari 2020 silam.

“Padahal hasil kesepakatan beberapa bulan lalu, pihak PT. Sawindo Cemerlang bersepakat untuk menyelesaikan semua permasalahan paling lambat akhir tahun 2020)” Ungkap Kordinator Lapangan, Hamdan Sina

Dengan alas hak Sertipikat dan SKPT, Puluhan Petani Plasma Sawit ini juga bersepakat untuk menolak semua bentuk kerja sama SPK/SPHu dan sistem tangung renteng PT. Sawindo Cemerlang. Serta akan mengambil alih Lahan dan mengelola Sawit secara Mandiri.

“Lahan yang dijadikan Plasma Sawit merupakan satu-satunya sandaran Ekonomi kami. Sudah sebelas tahun kami menderita dari bentuk kerja sama PT. Sawindo Cemerlang. Hari ini kita akan mengambil apa yang menjadi hak kami” Ujar Suparman, Petani Desa Ondo-ondolu, Kecamatan Batui.

Adapun Notulensi Rapat Front Rakyat Batui Lingkar Sawit dan PT. Sawindo Cemerlang antara lain, PT. Sawindo cemerlang akan meneruskan pengajuan 51 Petani terhadap penolakan SPK/SPHu dan sistim tangung renteng. Serta Petani Plasma Sawit juga akan melakukan pengelolaan lahan dan melakukan aktivitas di lahan masing-masing (*/NS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *