Peresmian PLTMG Luwuk 40 MW, Bupati: Langkah Maju Dilakukan PLN

Peresmian PLTMG Luwuk 40 MW

BANGGAIPOST.COM,Batui – Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin. MM., AIFO, menghadiri dengan penuh kebanggaan acara peresmian First Gas-In dan First Firing Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Luwuk 40MW, bertempat di Desa Nonong, Kecamatan Batui, pada Senin (5/2/2024).

Pembangunan PLTMG Luwuk 40MW merupakan langkah strategis dalam memenuhi kebutuhan energi listrik yang semakin meningkat di Kabupaten Banggai.

“Alhamdulillah ini merupakan kebanggaan untuk kita semua masyarakat Kabupaten Banggai karena langkah maju yang telah dilakukan oleh PLN yang kontraktornya adalah PLN Enjinering,” tutur Bupati Amirudin.

“Terima kasih yang setinggi-tingginya atas upaya yang telah dilakukan, muda-mudahan ini akan membawa berkah untuk semuanya,”tambahnya.

Pada peresmian ini, General Manager Job Tomori, Benny Sidiq menyampaikan bahwa kebutuhan gas untuk PLTMG ini disuplay oleh Job Tomori dan ini merupakan proyek strategi nasional yang berada di Sulawesi Tengah.

Baca Juga :  Peringati Hari Sumpah Pemuda, Kejari Banggai Laut Gelar Sejumlah Lomba

“Kami berharap PLTMG 40MW Luwuk dan Stasiun Pengukuran Gas ini dapat memberikan manfaat yang maksimum bagi masyarakat dan bangsa Indonesia khususnya masyarakat Kabupaten Banggai,” ujar Benny Sidiq.

Disebutkan, Pemanfaatan gas bumi hasil produksi setempat yang dikembangkan oleh Pertamina Job Tomori, untuk produksi listrik dari PLTMG Luwuk milik PT. PLN (Persero), akan dipasok untuk kebutuhan industri, bisnis dan masyarakat setempat. Diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi diwilayah Sulawesi Tengah khususnya di Kabupaten Banggai.

Direktur Utama PT. PLN Enjinering, Chairani Rahmatullah saat menyampaikan laporannya, mengatakan bahwa, kehadiran mereka untuk Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai dan Job Tomori selaku penyedia gas.

“Beberapa peran strategis dari pembangkit ini antara lain, memanfaatkan Sumber Daya Alam Gas Kabupaten Banggai untuk keperluan masyarakat Banggai dan Sulawesi melalui listrik,” terangnya.

Baca Juga :  Kasus Pengancaman Antar Saudara di Batui Berujung Damai, Ini Penjelasan Polisi

Selain itu, peran strategis lainnya ialah perbaikan biaya produksi listrik, serta peningkatan pendapatan daerah bagi Pemerintah Daerah.

Sekadar diketahui, kehadiran Bupati Banggai dalam acara peresmian ini tidak hanya sebagai tanda dukungan penuh terhadap proyek tersebut, tetapi juga sebagai representasi komitmen pemerintah daerah untuk memastikan keberhasilan pembangunan infrastruktur energi yang berkelanjutan.

Dengan kapasitas yang cukup besar, PLTMG Luwuk diharapkan mampu menjadi tulang punggung infrastruktur energi di wilayah tersebut, serta memberikan kontribusi nyata terhadap pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Peresmian First Gas-In dan First Firing PLTMG Luwuk 40MW tidak hanya menjadi tonggak bersejarah dalam pembangunan infrastruktur energi di Kabupaten Banggai, tetapi juga menandai awal dari era baru dalam pelayanan energi yang lebih handal dan berkesinambungan bagi seluruh masyarakat. (Dkf)