Dinas Peternakan dan Keswan Banggai Kunjungi Bantul & Sukoharjo, Ini Agendanya

Kunjungan Kerja Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Banggai di Kabupaten Bantul.

BANGGAIPOST.COM – Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai, melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Banggai, melakukan sesi Sharing Knowledge dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bantul.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Peternakan dan Keswan Kabupaten Banggai, Pupung Diliyanto, Selasa (30/1).

Upaya ini dilakukan sebagai langkah konkrit meningkatkan kualitas serta efektivitas program-program yang dilaksanakan di kedua kabupaten.

Sejumlah pertimbangan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bantul di pilih menjadi mitra Sharing Knowledge dan kunjungan kerja Dinas Peternakan dan Keswan Banggai.

Pertama, adanya kesamaan program prioritas, seperti program satu juta satu pekarangan di Kabupaten Banggai dengan program kerja UPTD Perbibitan Ayam KUB Kabupaten Bantul, yang dikenal dengan sistem budidaya yang berkelanjutan dan ramah lingkungan di “Kandang KUB Yogya” di Jetis, Bantul, Yogyakarta.

Baca Juga :  Bupati Banggai Laut akan Tertibkan Perumahan Daerah

Kedua, struktur organisasi UPTD puskeswan dan RPH Kabupaten Bantul dengan target PAD dan pola kerja kemitraan antara kerja dinas dengan paguyuban lintas profesi di kantor dinas ketahanan pangan dan pertanian Kabupaten Bantul, puskeswan dan pasar hewan imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Ketiga, budidaya produksi doc melalui kemitraan penetasan ayam joper dan kub binaan balitnak dengan produkai doc yang diekspor lintas pulau di lokasi “Anggun Farm Joper” pajangan Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Informasi yang di himpun media ini menyebutkan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Banggai berencana untuk melakukan sesi sharing knowledge di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Adapun yang menjadi obyek sharing knowledge ialah UPT Puskeswan Terbaik Nasional Tahun 2019 di Sukoharjo, yang akan menjadi bahan perbandingan dan masukan untuk persiapan pembentukan UPT Puskeswan di Kecamatan Masama.

Baca Juga :  Lagi, Polisi Ringkus Pelaku Curanmor di Luwuk Banggai

Sharing knowledge di Kabupaten Sukoharjo dijadwalkan akan dilaksanakan pada hari Rabu, 31 Januari 2024.

Langkah ini merupakan bagian dari upaya Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Banggai untuk mengoptimalkan pembentukan UPT Puskeswan di wilayah Kabupaten Banggai.

Kolaborasi antar-daerah ini menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas layanan peternakan dan kesehatan hewan di Kabupaten Banggai. (Dkf)