Kejari Banggai Musnahkan Barang Bukti 15 Perkara Tipidum, Ini Rinciannya

Pemusnahan Barang Bukti di Halaman Kantor Kejari Banggai.

BANGGAIPOST.COM,Luwuk – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Banggai memusnahkan sejumlah barang bukti dari 15 perkara Tindak Pidana Umum (Tipidum) periode September sampai dengan Desember 2023, di halaman Kantor Kejari Banggai, Luwuk, Selasa (19/12/2023) sore.

Barang bukti yang dimusnahkan telah memperoleh kekuatan hukum tetap (inkracht) dengan amar putusan dirampas untuk dimusnahkan.

Kepala Kejaksaan Negeri Banggai, Raden Wisnu Bagus Wicaksono mengatakan, dari sejumlah perkara tersebut, kasus tertinggi adalah narkotika.

“Kalau bicara tentang narkotika ini tanggung jawabnya bukan hanya pada penegak hukum. Tadi kami sudah ngobrol, ada dari Pemda, Kodim, Polres. Intinya, kami sepakat untuk bagaimana meminimalisir peredaran narkoba,” ujar Kajari Banggai.

“Alasan kami melakukan pemusnahan seperti ini adalah upaya kami memitigasi adanya penyimpangan dan penyalahgunaan barang bukti,” tambahnya.

Baca Juga :  Tahun 2023, Kejari Banggai Tangani 6 Kasus Korupsi, Ini Daftarnya

Adapun barang bukti yang dimusnahkan berasal dari 15 perkara. Rinciannya, 9 perkara tindak pidana narkotika jenis sabu-sabu, 2 perkara tindak pidana kesehatan, 2 perkara tindak pidana kekerasan terhadap orang, serta 1 perkara tindak pidana umum lainnya.

Barang bukti yang dimusnahkan meliputi : 332,35 gram narkotika jenis sabu-sabu beserta alat hisapnya, 6.177 butir Trihexyphenidyl (THD), dan 15 botol kosmetik tanpa izin edar. Adapula barang bukti berupa parang, pisau, dan pakaian.

Barang bukti tersebut dimusnahkan dengan cara dibakar, diblender, digerinda, dan dilarutkan dengan cairan pembersih lantai.

Hadir dalam pemusnahan tersebut, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Banggai Nurdjalal bersama sejumlah pimpinan instansi vertikal lainnya. (Dkf)