Sekjen MAKN Hadiri Festival Molabot Tumbe di Banggai Laut

Tomundo Banggai ke XXIII Keraton Kerajaan Banggai Irwan Zaman,SE saat bersama Sekjen Majeli Adat Kerajaan Nusantara (MAKN).[Foto:Istimewa]

BANGGAIPOST.COM- Sekretaris Jenderal (Sekjen) Majelis Adat Kerajaan Nusantara (MAKN), YM Dra. HJ. RA Yani WSS Kuswodidjoyo Penganggeng Kesultanan Sumenep, menghadiri acara Molabot Tumbe di Keraton Kerajaan Banggai, Kabupaten Banggai Laut.

Informasi tersebut disampaikan Tomundo Banggai ke-XXIII, keraton kerajaan Banggai Irwan Zaman,SE kepada BanggaiPost, Minggu (3/12/2023).

“Hari ini, Minggu (3/12) Sekjen Majelis Adat Kerajaan Nusantara tiba di Banggai,”ucapnya.

Dikatakan, kunjungan Sekjen ke Keraton Banggai sebagai tamu istimewa, untuk menyaksikan prosesi Molabot Tumbe.

“Ini kali kedua Sekjen berkunjung ke Banggai. Sekaligus melakukan agenda konsolidasi ke daerah-daerah. Dari Banggai, Sekjend melanjutkan perjalanannya ke Wakatobi, menghadiri kegiatan Festival Adat Kerajaan Nusantara (FAKN) II,”tutur Tomundo.

Baca Juga :  Polisi Dampingi Bongkar Muat Surat Suara Pemilu 2024 di Banggai

Kehadiran Sekjen sambung Tomundo bertanda bahwa, Kerajaan Banggai itu ada, dan tidak sendiri, masuk dalam komponen Majelis Adat Kerajaan Nusantara.

Iapun berharap, Iven Festival kebudayaan yang digelar Pemerintah setempat tak sekedar ceremonial belaka. Melainkan lebih dari itu. Mampu mengoptimalkan perannya dalam hal pemberdayaan masyarakat adat.

“Banyak investor, tapi masyarakat adat di abaikan. Ini sumber konflik dimana-mana. Sehingga butuh peran Pemerintah setempat dan DPRD,”pungkasnya. (Red)