Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 di Banggai, Bupati Sampaikan Sambutan Menpora RI

Ir.H.Amirudin,MM

BANGGAIPOST.COM,Luwuk- Bupati Banggai Ir.H.Amirudin,MM bertindak selaku pembina upacara pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95, tahun 2023.

Upacara Tersebut dilaksanakan Oleh Dinas Pemuda dan Olah Raga bertempat di Pelataran Halaman Kantor Bupati Banggai, Kelurahan Tombang Permai, Kecamatan Luwuk Selatan, Sabtu (28/10/2023).

Kegiatan yang mengusung tema Bersama Majukan Indonesia tersebut, berlangsung khidmat.

Bupati Banggai saat membacakan sambutan tertulis Menteri Pemuda Dan Olahraga RI, mengatakan, momentum Peringatan Hari Sumpah Pemuda ini, mengingatkan bangsa indonesia, terhadap sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme, sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam sumpah pemuda 1928 yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu, Bertumpah darah satu tanah air indonesia, Berbangsa satu bangsa indonesia, dan Menjunjung bahasa persatuan bahasa indonesia.

Baca Juga :  Lantik Kades PAW Desa Lalong, Ini Pesan Bupati Sofyan Kaepa

Dijelaskan, Logo HSP Ke-95 bermakna membentuk barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna-warni menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya. Heterogenitas tersebut sebagai sumber kekuatan dalam memajukan indonesia.

Posisi indonesia sambung Bupati, sedang berproses menyelesaikan persoalan korupsi, kemiskinan, pengangguran, narkoba, pornografi, hoax, ujaran kebencian, serta sejumlah problem bangsa lainnya. Tapi semua itu bukan menjadi alasan bagi para pemuda untuk berhenti melaju menuju indonesia maju dan menciptakan masyarakat adil dan makmur.

Oleh karena itu, setiap pemuda perlu mempunyai visi, misi dan peran strategis untuk 30 Tahun mendatang, agar pembangunan dapat berlari lebih cepat.

Strategi paling ampuh mencapai visi tersebut kata Bupati, dengan saling tolong menolong lintas generasi dan gotong royong lintas sektor.

Baca Juga :  Rahman Pattiwael Resmi Komandani PDI-P Banggai Laut

“Maka pada momen Hari Sumpah Pemuda ini, kita harus canangkan kebulatan tekad semua stakeholder baik Kementerian dan Lembaga, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, organisasi kepemudaan, komunitas serta elemen-elemen lainnya, untuk bersatu padu dalam membangun kemajuan Bangsa Indonesia dimasa sekarang dan yang akan datang., Tutup Bupati membacakan sambutan Menpora.

 

Turut hadir dalam upacara tersebut, Wakil Bupati Banggai Drs. H. Furqanuddin, MM, Ketua DPRD Banggai Dan Para Unsur Forkopimda, Sekda Banggai, Para Staf Ahli/Assisten/Staf Khusus, Para Pimpinan Perangkat Daerah, Ketua TP-PKK Banggai, Para Kabag Setda Banggai, Para Camat Dan Lurah Se-Kabupaten Banggai, Ketua MUI Banggai, Ketua BAZNAS Banggai, Pimpinan Perbankan, Para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, peserta upacara ASN, TNI/POLRI.(BP)