Rapat Paripurna DPRD Banggai, Sarifah Resmi Gantikan Helton 

Peresmian dan Pengambilan Sumpah Jabatan Anggota DPRD Banggai Pengganti Antar Waktu (PAW) Sarifah,S.Pd, Rabu (25/10/2023).[Foto:Nasri/Banggaipost]

BANGGAIPOST.COM,Luwuk- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banggai menggelar Rapat Paripurna, Peresmian dan pengambilan sumpah anggota DPRD Pengganti Antar Waktu (PAW) masa bhakti 2019-2024, bertempat di ruang sidang utama Kantor DPRD setempat, Rabu (25/10/2023).

Agenda ini digelar menindaklanjuti SK Gubernur Sulteng nomor 100.1.4.2/517/RO.PEMOTDA-G-ST/2023 tanggal 12 Oktober 2023, tentang persemian pemberhentian Helton Abd. Hamid dan peresmian pengangkatan PAW Sarifah anggota DPRD Banggai masa bakti 2019-2024.

Pengambilan sumpah dan kata-kata pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua DPRD Banggai, Suprapto, yang disaksikan para anggota DPRD dan puluhan undangan yang memadati ruang rapat Paripurna.

Bupati Banggai Ir.H.Amirudin,MM yang diwakili Assisten 3 Muhammad Kamil Datu Adam dalam sambutannya, mengucapkan terimakasih kepada Helton Abd.Hamid, atas kontribusi dan kerja sama yang baik selama menjabat anggota DPRD Banggai.

Baca Juga :  Tingkatkan Sinergitas, Kajari Banggai Sambangi Sekretariat PWI

“Selamat bertugas kepada Saudari Sarifah. Saya yakin, dengan dorongan partai dapat berkontribusi kepada daerah ini melalui pokok-pokok pikiran,”ucapnya.

Untuk diketahui, berdasarkan perangkingan perolehan suara hasil pemilu legislatif 2019, raihan suara ibu kelahiran Minahaki 23 November 1985 ini berada pada lapis bawah.

Namun karena yang lainnya tidak lagi bersyarat berdasarkan regulasi, sehingga ibu dua anak yang tinggal di Desa Dongin Kecamatan Toili Barat ini lah yang mendapat durian runtuh.

Berdasarkan perangkingan perolehan suara Partai NasDem di dapil 4 Banggai pada pemilu empat tahun lalu, ada tiga nama yang berada di atas Sarifah.

Setelah Suparno peraih 729 suara, yang merupakan kursi kedua Partai NasDem di dapil dataran Toili, ada Sabar.

Baca Juga :  Bakal Dihadiri Bupati, Pengukuhan KT Desa se Kecamatan Luktim Dimatangkan

Dia meraih 488 suara. Hanya saja, Sabar telah lama mengajukan surat pengunduran diri dari Partai NasDem.

Posisi berikutnya adalah Moch Noer Agama. Pada pemilu 2019 lalu ia memperoleh 291 suara. Namun yang bersangkutan telah meninggal dunia.

Setelah alrmahum Moch Noer Agama, Dedy Noho berada pada perangkingan berikutnya perolehan suara.

Dedy Noho mendulang 265 suara. Rezeki belum berpihak pada Dedy. Sebab ia telah mundur dari NasDem dan bergabung dengan Partai Golkar.

Karena ketiganya tidak bersyarat, maka Sarifah yang pada pemilu 2019 lalu meraih 211 suara berhak atas jatah kursi PAW Helton Abd Hamid.(NS)