Event International Festival Teluk Lalong di Banggai, Dispar Alokasikan Rp.45 Juta untuk Media Promosi

Karnaval Budaya International Teluk Lalong Festival tahun 2023, Kamis (24/8).[Foto:Dokumentasi BanggaiPost]

BANGGAIPOST.COM,Luwuk – International Teluk Lalong Festival (ITFL) digelar di Luwuk, Kabupaten Banggai oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Banggai.

Event tersebut di awali dengan karnaval budaya pada Kamis, 24 Agustus 2023 sore, kemudian dilanjutkan dengan seremonial pembukaan pada Kamis malam.

Untuk mendongkrak International Teluk Lalong Festival, Dispar Banggai mengalokasikan Rp.45 juta untuk penguatan promosi media cetak, elektronik, dan media lainnya, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Penguatan promosi untuk International Teluk Lalong Festival itu terlihat pada Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) LKPP.

International Teluk Lalong Festival dihadiri peserta dari Latvia, Estonia, Lithuania, Korea Selatan, dan Thailand.

Sekretaris Dinas Pariwisata Banggai Sri Atmadiana K Mellek menjelaskan, kegiatan tersebut berlangsung selama 7 hari dengan menghadirkan 82 tamu negara.

Baca Juga :  Webinar Bebas Stunting, Desa Boitan Banggai Wakili Sulteng

Hal ini bertujuan untuk mempromosikan budaya Banggai, berikut spot spot wisata seperti Pulo Dua, Air Terjun Salodik dan lokasi konservasi Maleo.

Namun soal berapa budgeting biaya promosi untuk media cetak dan elektonik, bukan menjadi ranahnya untuk menjawab.

“Yang tahu itu bidang teknisnya. Silakan dikonfirmasi kabidnya,” ujar dia dikutip dari Portal Luwuk pada Kamis, 24 Agustus 2023.

Meski begitu, sejumlah media lokal tak terlibat dalam pelaksanaan International Festival Teluk Lalong yang berlangsung sampai 30 Agustus 2023 itu.

Sebelumnya, Pelaksana tugas Kepala Dispar Kabupaten Banggai Kamil Datu Adam saat dikonfirmasi pada Jumat, 18 Agustus 2023, ia mengarahkan ke Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dispar Banggai, Subrata Kalape.

Baca Juga :  Polres Banggai Terjunkan Puluhan Personel Amankan Ibadah Tahun Baru Imlek

Saat dikonfirmasi, Subrata Kalape mengatakan event ini sudah berjalan.

“Wadduh ini sudah lambat, eventnya sudah jalan, persiapannya harus jauh hari, jangan injuritime,” katanya kepada media via WhatsApp melalui Portal Luwuk. ***