Bupati Banggai Sambut Komda Alkhairaat, Jadwalkan Pembacaan Ratib Al Haddad Setiap Bulan

Pembacaan Ratib Al-Haddad oleh Pengurus Komda Alkhairaat bersama Bupati Banggai Ir.H.Amirudin,MM, yang dipusatkan di Rujab Bupati, Sabtu (12/8) malam.[Foto: Dokumentasi BanggaiPost]

BANGGAIPOST.COM,Luwuk- Bupati Banggai Ir.H.Amirudin,MM, menyambut kedatangan Pengurus Komisariat Daerah (Komda) Alkhairaat di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati, Kawasan Bukit Halimun, Sabtu (12/8) malam.

Kedatangan sejumlah pengurus organisasi yang di dirikan guru tua itu, selain membangun silaturahmi, juga dirangkaikan pembacaan Ratib Al-Haddad bersama orang nomor 1 di daerah ini.

Turut serta bersama pengurus Komda Alkhairaat, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Banggai Drs.Ma‘Sum Rumi,MM.

Pembacaan Ratib Al-Haddad dipimpin langsung oleh Kakan Kemenag Banggai bersama Ketua Komda Alkhairaat Habib Muhammad Alhabsyi,ST.

Kepada BanggaiPost, Bupati Amirudin mengatakan, sejak dilantik memimpin daerah ini, sejumlah kegiatan pengajian dipusatkan di Rumah Jabatan. Dengan jadwal ditetapkan setiap malam Jumat Minggu berjalan.

Baca Juga :  Rakor Organisasi Se-Sulawesi Tengah di Banggai Laut Resmi Dibuka, Berikut Pesan Gubernur

Demikian halnya pembacaan Ratib Al-Haddad bersama Komda Alkhairaat. Akan dijadwalkan setiap bulan.

“Setiap Minggu tepatnya malam Jumat rutin digelar yasinan. Nah ini, nanti kita jadwalkan setiap bulan sekali pembacaan Ratib bersama Komda di Rujab,”ucapnya.

Amalan pengajian kata Bupati, terus dilakukan. Dengan Do’a yang dibacakan, akan memperoleh berkah dari Allah SWT.

“Insya Allah dengan amalan yang kita lakukan, daerah akan aman sentosa, berlimpah rezeki, masyarakat makmur, serta dijauhkan dari mara bahaya,”tutur Bupati diaminkan pengurus Komda.

Sementara itu, Ketua Komda Alkhairaat Habib Muhammad Alhabsyi,ST mengucapkan terima kasih kepada Bupati yang telah menyambut kedatangan pengurus, yang dirangkaikan pembacaan Ratib Al Haddad.

“Atas nama pengurus Komda Alkhairaat Banggai, menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada pak Bupati, yang sudah menerima kami. Dan kamipun bersyukur dengan ditetapkannya jadwal pembacaan Ratib Al-Haddad setiap bulan di Rujab Bupati Banggai,”ujarnya.

Baca Juga :  Waspadai Cuaca Ekstrem, Bhabinkamtibmas Polsek Bualemo Banggai Sambangi Nelayan

Sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber, Ratib Al Haddad adalah salah satu bacaan zikir dan wirid yang mengandung ayat suci Al-Qur’an dan berbagai macam doa. Bacaan ini disusun oleh seorang ulama yang termasyhur pada abad ke-11 Hijriyah, yaitu Habib Abdullah Al-Haddad.

Dari sejumlah literatur dijelaskan, khasiat membaca Ratibul Haddad sangat banyak sekali. Di antaranya, Allah akan menjaga negara atau tempat tinggalnya dari beberapa cobaan dan siksaan.

Selain itu, orang yang rajin membacanya juga akan diberi  barokah, dan kebaikan. Dapat menjaga dari segala bencana, baik di daratan, lautan, dan di udara. Dengan membacanya, maka juga akan terhindar dari sifat kemunafikan dan tindakan dhalim. (NS)