Kejari Banggai Laut Gelar Upacara HAB ke 63, Kajari Bacakan Sambutan Jaksa Agung RI

BANGGAI POST, BALUT- Puncak peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke 63 tahun 2023 Kejaksaan Negeri Banggai Laut melaksanakan Upacara di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Banggai Laut, Sabtu (22/07).

Kepala Kejaksaan Negeri Banggai Laut Reinhard Tololiu, SH.MH bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Upacara diikuti Para Kasi, Kasubag, Seluruh Pegawai, Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Daerah Banggai Laut beserta Pengurus, dan Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) Kejaksaan Negeri Banggai Laut.

Dalam amanat Jaksa Agung RI yang dibacakan Kajari Banggai Laut, Reinhard Tololiu, SH.MH, menyampaikan, sebagai unsur pemerintah di bidang penegakan hukum, diharuskan dapat menyambut baik momentum ini dengan baik. Tentunya dengan pelaksanaan penegakan hukum yang tegas dan humanis sehingga dapat memberikan, kontribusi yang baik, dalam menjaga stabilitas politik, hukum, dan keamanan, dalam pembangunan nasional.

Baca Juga :  Hari Patriotik ke-80, Bupati Banggai Ikuti Lomba Napak Tilas

Menurutnya, penegakan hukum yang tegas hanya dapat dilakukan ketika tangan-tangan yang bersih. Dan tidak tersandera dengan berbagai konflik kepentingan, tanpa pikiran, dan hati, yang bebas dari belenggu kepentingan.

Baginya, penegakan hukum hanya akan dilakukan secara tebang pilih berdasarkan kepentingan. Mana yang diwakilinya dan akan terbebani dalam pengambilan keputusan secara objektif.

“Saya tekankan agar dalam pelaksanaan penegakan hukum hindarilah hal-hal diluar teknis perkara, yang berkaitan dengan konflik kepentingan, sehingga dalam bekerja pun akan terasa nyaman karena dilakukan tanpa beban,” imbuhnya.

Dikatakannya, di samping melaksanakan penegakan hukum yang tegas, masyarakat juga menuntut hukum lebih humanis. Dimana hukum itu, kata dia, dibentuk dan diterapkan untuk melayani manusia, sehingga hukum harus dilaksanakan dengan memanusiakan manusia.

Baca Juga :  Pengendara Motor Tewas Terlindas Truk di Batui Selatan, Polisi dan Warga Evakuasi Korban

Meski demikian, lanjutnya, pengertian hukum yang humanis bukan berarti tunduk pada tekanan yang mempengaruhi kualitas. Namun cermat dalam menyerap nilai keadilan yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat.

“Penegakan hukum humanis idealnya dilakukan dengan memperhatikan keadaan sekitar. Serta memahami apa yang dibutuhkan oleh masyarakat secara profesional dan proporsional,” pintahnya.

Upacara berlangsung secara khidmat dan selepas upacara di lanjutkan Upacara bersama Presiden Republik Indonesia yang diselenggarakan oleh Kejaksaan Agung melalui Aplikasi zoom di Aula Kantor Kejaksaan Negeri Banggai Laut.

Di akhiri pemotongan Tumpeng oleh Kepala Kejaksaan Negeri Banggai Laut didampingi Ibu Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Daerah Banggai Laut Ny. Desiree Reinhard dan di berikan kepada Pegawai yang berusia termuda dan yang paling tua. (IK)