banner 728x250

Palang Parkir Otomatis segera Dioperasikan di Pasar Baru Banggai

BANGGAI POST, BALUT– Dinas Perhubungan Kabupaten Banggai Laut akan segera mengoperasikan Portal parkir automatic atau palang parkir otomatis di kawasan Pasar Baru Banggai. Keberadaan palang parkir otomatis itu adalah upaya Dinas Perhubungan dalam memaksimalkan retribusi parkir.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banggai Laut, Donny Hendrik Siwy mengatakan, palang parkir otomatis Pasar Baru Banggai akan dioperasikan setelah disetting dan pegawai di training.

“Hari ini baru disetting dan sekaligus ada training anggota dulu, nanti kalau sudah semuanya siap baru kita operasikan,” katanya, Rabu (12/0).

“Pekerjaannya sudah 100 persen. Kita sudah lihat alatnya, settingan alatnya juga sudah siap. Jadi pegawai yang ada sekarang ini kita didik, kita training agar bisa mengoperasikan alat ini. Kalau kemarin masih manual, sekarang beralih menggunakan teknologi,” tambahnya.

Donny juga menjelaskan cara bagaimana nantinya para pengendara masuk dan keluar dari Pasar Baru Banggai.

“Dari pintu masuk pengendara akan tekan tombol ambil karcis, nanti palang terbuka. Di pintu keluar, karcis tadi di berikan ke kasir yang menjaga dan bayar,” jelasnya.

Terkait penggguna jasa kendaraan umum seperti ojek, bentor serta taksi, dirinya mengungkapkan, bahwa yang membayar nantinya penumpang. Jika tidak bisa maka pilihannya, penumpang diturunkan didepan terminal.

“Kalau kenderaan umum, masuk kan ambil karcis, keluar harus bayar. Jadi kalau tidak mau bayar karcis, penumpangnya turun di depan terminal. Kalau masuk penumpang menambah untuk jasa parkir mereka,” terang Kadishub Donny.

“Sedangkan untuk pedagang nantinya akan dibuatkan kartu. Karna mereka (pedagang, red) langganan bulanan,” tuturnya.

Donny berharap, dengan diterapkannya palang parkir otomatis di kawasan Pasar Baru maka akan memaksimalkan pemasukan retribusi yang selama ini dinilai belum maksimal.

“Kalau sekarang semuanya sudah tersistem. Laporannya juga langsung masuk ke kita. Sehari berapa motor atau mobil yang masuk ketahuan. Palang pintu menjadi pembatas,” ujarnya. Selain di Pasar Baru Banggai, palang parkir otomatis juga akan diterapkan di pelabuhan rakyat.(IK)