Gubernur Sulteng Pimpin Rakor Pencanangan Negeri Seribu Megalith

Gubernur Sulawesi Tengah H.Rusdy Mastura saat memimpin Rakor Pencanangan Negeri Seribu Megalith.[Foto:Biro Adpim Setdaprov]

BANGGAIPOST.COM – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, terus melakukan persiapan dalam menyukseskan Pencanangan Central Celebes The Land of A Thousand Megaliths atau Sulawesi Tengah Negeri Seribu Megalith, pada Oktober 2023 mendatang di Kabupaten Poso.

Sejumlah persiapan dibahas Pemprov Sulteng dalam Rapat Koordinasi (Rakor) yang dipimpin langsung Gubernur Sulawesi Tengah H.Rusdy Mastura, bertempat di Aula Capitol Kwitang, Jakarta, pada Jum’at (7/7).

Agenda tersebut membahas Persiapan Apel Pemuda sekaligus Pencanangan Sulawesi Tengah Negeri Seribu Megalith.

Mendampingi Gubernur, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Dr.H.Rudi Dewanto,SE,MM, Asisten Administrasi Umum M.Sadly Lesnusa,S.Sos,M.Si.

Turut hadir, Para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dan Perwakilan PT.Bank Sulteng.

Hasil rapat memutuskan beberapa hal, diantaranya:
Pertama, kegiatan pada Oktober 2023 diawali kegiatan Perkemahan di Desa Wanga, tepatnya di lokasi wisata Monumen Raja Lore, Kabo dan Permaisuri Mpolite, kemudian Apel Kepemudaan di Desa Wuasa, serta dilanjutkan kegiatan Pencanangan Sulawesi Tengah Negeri Seribu Megalith di Watunongko.

Baca Juga :  Gubernur Sulteng Sambut Kedatangan Panglima TNI dan Kapolri

Kedua, peserta Apel Pemuda dan pencanangan tersebut terdiri dari perwakilan seluruh Pemerintah Kota/Kabupaten se-Sulawesi Tengah, dengan ribuan orang.

Ketiga, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah juga mengundang Pemerintah Pusat, dalam kegiatan Apel Pemuda dan Pencanangan Negeri Seribu Megalith dimaksud.

Keempat, OPD teknis melaksanakan supporting untuk kegiatan dimaksud, antara lain : Dinas Kominfo dan Biro Administrasi Pimpinan melaksanakan Sosialisasi untuk menggelorakan kegiatan, Biro Administrasi Pimpinan melalui Bagian Protokol mempersiapkan pelaksanaan Apel Pemuda, Dinas Pemuda Olah Raga mempersiapkan tenda upacara, panggung upacara dan konsumsi Perkemahan, apel Pemuda dan Pencanangan.

Selanjutnya, BPBD mempersiapkan tenda pleton dan tenda regu, toilet portable dan toilet mobile serta pemetaan mitigasi bencana, Dinas Sosial menyediakan tenda dan dapur umum, Dinas Cikasda membangun tambahan Toilet, baik di tempat Apel Pemuda maupun di tempat Perkemahan, Dinas Bina Marga & Tata Ruang akan melaksanakan fungsinya dalam rangka mempermudah akses jalan di tempat Apel Pemuda serta Pencanangan, Dinas Kebudayaan memfinalkan Opsi Pilihan Gambar Megalith untuk miniatur di kantor serta Pilihan Megalith untuk gambar kaos atau baju batik serta mempersiapkan kegiatan Seminar terkait Megalith sebelum waktu Pencanangan dimulai dan beberapa Perangkat Daerah lain melaporkan progres dukungan kegiatan terkait.

Baca Juga :  Bentrok di Perusahaan Tambang PT GNI, Ini Penegasan Gubernur Sulteng

Kelima, unsur Polda Sulawesi Tengah dan Danrem 132/Tadulako serta Kwarda Pramuka direncanakan juga akan ikut menyemarakan acara Apel Pemuda dan Pencanangan Negeri Seribu Megalith. (Rls)