Karnaval Budaya Sambut HUT Kabupaten Banggai Ke-63

Karnaval Budaya menyambut HUT Kabupaten Banggai ke 63, Rabu (5/7).[Foto:Diskominfo Banggai]

BANGGAIPOST.COM,Luwuk – Karnaval budaya bertajuk Banggai Carnifest 2023 menjadi pembuka semarak perayaan Hari Ulang Tahun Kabupaten Banggai ke-63.

Antusiasme warga yang menyaksikan karnaval terlihat di sepanjang sisi jalan yang dilewati peserta karnaval seperti di seputaran Alun-alun Bumi Mutiara Luwuk, Tugu Adipura, sepanjang Jalan Sukarno dan rumah jabatan (rujab) Bupati Banggai.

Dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai etnis se-nusantara, para peserta karnaval berjalan kaki dan sesekali menampilkan atraksi seni dan yel-yel.

Bupati Banggai Amirudin bersama sejumlah pejabat Forkopimda dan pimpinan perangkat daerah menyaksikan arak-arakan karnaval di depan rujab Bupati Banggai.

Karnaval budaya diikuti oleh seluruh kecamatan, perangkat daerah, instansi, swasta, paguyuban, dan sejumlah komunitas.

Baca Juga :  Buntut Surat Kades ke PT KFM, Kantor Desa Tuntung Banggai Digeruduk Warga

Menapaki usia Kabupaten Banggai ke-63 pada 8 Juli mendatang, Wakil Bupati Banggai Furqanuddin Masulili sebelum melepas peserta karnaval di Alun-alun Bumi Mutiara Luwuk, Rabu (5/7), mengapresiasi peran semua pihak dalam menjaga kerukunan di Banggai.

“Alhamdulillah, sampai saat ini masih tetap terjaga kekompakan, kerukunan kita, sehingga kita mampu menciptakan rasa aman dan damai di bumi Babasalan tercinta,” ujar Wakil Bupati Banggai.

Ia mengajak masyarakat untuk mensyukuri nikmat Tuhan berupa kekayaan alam dan keragaman etnis yang ada dan telah mendiami Banggai sejak dulu. Hal itu, kata Furqanuddin, merupakan modal penting untuk membangun masyarakat Kabupaten Banggai yang adil dan sejahtera.

Untuk menyemarakkan perayaan HUT Kabupaten Banggai tahun ini, selama sepekan penuh Pemkab Banggai mengagendakan sejumlah kegiatan. Selain karnaval budaya, ada Festival Pangan Lokal yang akan dilaksanakan tepat di hari jadi Kabupaten Banggai, Sabtu (8/7/2023), di kawasan perkantoran Bukit Halimun, Luwuk Selatan.

Baca Juga :  Pelaku Serangan Seksual Terhadap Bidan di Balantak Banggai Diamankan Polisi

Adapula lomba olahraga tradisional antar instansi, Pekan Olahraga Tradisional untuk pelajar, bakti sosial, pasar murah, dan kegiatan lainnya. Kemeriahan HUT Banggai akan ditutup dengan acara Malam Puncak Perayaan HUT Kabupaten Banggai pada 15 Juli 2023. (Hmp)