Program Satu Juta Satu Pekarangan, Bupati Banggai Panen Perdana Cabai di Luwuk Timur

Bupati Banggai Ir.H.Amirudin saat menghadiri panen perdana Cabai Program Satu Juta Satu Pekarangan di Luwuk Timur.[Foto:Diskominfo]

BANGGAIPOST,Luktim-Masyarakat kelompok tani di Desa Bantayan, Kecamatan Luwuk Timur, kini telah merasakan manfaat program Satu Juta Satu Pekarangan yang dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Banggai.

Bantuan berupa 4.000 tanaman cabai yang diserahkan oleh Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) beberapa waktu lalu telah dipanen oleh petani.

Panen perdana itu dihadiri oleh Bupati Banggai Amirudin, Wakil Bupati Furqanuddin Masulili, Kepala Dinas TPHP Subhan Lanusi, Camat Luwuk Timur, sejumlah kepala OPD, dan pejabat Forkopimda, Rabu (17/5/2023).

Kepala Dinas TPHP Subhan Lanusi mengatakan, tanaman cabai yang ditanam di lahan seluas kurang dari setengah hektare itu mampu menghasilkan sekitar 400 kilogram cabai setiap pekannya.

Baca Juga :  Dinas Peternakan dan Keswan Banggai Kunjungi Bantul & Sukoharjo, Ini Agendanya

“Dengan estimasi harga cabai di tingkat petani sebesar Rp.15 ribu, maka petani bisa meraup pendapatan sedikitnya Rp. 6 juta per minggu,” ujar Kadis TPHP.

Melihat hasil yang diberikan dari program Satu Juta Satu Pekarangan tersebut, Bupati Banggai mengimbau agar masyarakat dapat memanfaatkan pekarangan maupun lahan yang selama ini belum difungsikan.

“Mudah-mudahan program Satu Juta Satu Pekarangan ini membuka cara berpikir kita dalam melihat lahan-lahan yang tidak dimanfaatkan untuk segera kita manfaatkan,” ujar Bupati Banggai.

Bupati Amirudin juga mengingatkan masyarakat penerima bantuan program Satu Juta Satu Pekarangan, baik di sektor pertanian, peternakan, maupun perikanan, agar terlebih dahulu memanfaatkan hasil dari program tersebut untuk konsumsi keluarga.

Baca Juga :  Loyalis Cudi Siap Menangkan Prabowo Subianto di Sulteng

“Jangan semuanya dijual. Karena saya melihat, setelah panen itu dijual semuanya, tidak ada yang di konsumsi. Kalau bisa, ada yang disisihkan untuk konsumsi keluarga,” ujar Bupati Amirudin.

Bupati mengatakan, konsumsi telur ayam, daging ayam, ikan lele, cabai, tomat, dan terung, yang merupakan produk dari program Satu Juta Satu Pekarangan diyakini dapat mengatasi masalah stunting di Kabupaten Banggai. (Dkf)