Pemkab Banggai Raih Peringkat 3 Penghargaan Pembangunan Daerah Se- Sulteng

Penyerahan penghargaan pembangunan daerah kepada Pemkab Banggai.[Foto:Diskominfo Banggai]

BANGGAIPOST.COM,Palu – Pemerintah Kabupaten Banggai meraih peringkat ke-3 dalam Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tingkat Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2023.

Wakil Bupati Banggai Furqanuddin Masulili menerima penghargaan tersebut, Selasa (11/4/2023), di Hotel Best Western Coco Palu.

Penyerahan PPD dilakukan dalam kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (musrenbang) penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2024.

Wakil Gubernur Sulteng Ma’mun Amir dalam sambutannya mengatakan, momentum musrenbang dimaksudkan untuk menyamakan persepsi terkait prioritas pembangunan di daerah dan di tingkat pusat.

“Momentum ini dapat dimanfaatkan untuk menyamakan persepsi serta menyatukan pandangan tentang banyak hal menyangkut urusan pemerintahan dan pembangunan secara luas. Sehingga prioritas pembangunan di tingkat daerah dapat bersinergi dengan prioritas pembangunan nasional,” kata Wakil Gubernur.

Baca Juga :  Komda Alkhairaat Banggai Tancap Gas, Kembali Sambangi Pengcab di Empat Kecamatan

Pada kesempatan itu, Ma’mun menyampaikan beberapa capaian indikator makro pembangunan daerah Sulteng tahun 2022 berdasarkan hasil publikasi Badan Pusat Statistik tahun 2023.

“Laju pertumbuhan ekonomi Provinsi Sulteng tahun 2022 sebesar 15,17 persen, lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi nasional yang sebesar 5,31 persen,” ujar Wagub Ma’mun Amir.

Sementara itu, tingkat kemiskinan menurun menjadi 12,30 persen (tahun 2022) dibanding tahun 2021 yang ada di angka 12,33 persen.

Begitu juga tingkat pengangguran terbuka yang turun hingga 3 persen (2022), dari sebelumnya 3,75 persen (2021).

Ketimpangan pemerataan pendapatan individu yang direfleksikan oleh rasio gini juga menurun dari 0,326 poin (2021) menjadi 0,305 poin (2022).

Baca Juga :  Aksi Blokade Jalan Menuju PT.JOB di Batui Selatan Banggai

Adapun Indeks pembangunan manusia (IPM) meningkat dari 69,79 poin (2021) menjadi 70,28 (2022) dengan status IPM berkategori tinggi.

Wagub Ma’mun juga menyampaikan lima agenda prioritas pembangunan daerah Provinsi Sulteng tahun 2024, yakni : peningkatan daya saing produk dan komoditas unggulan daerah, penguatan konektivitas antarwilayah, peningkatan kualitas sumber daya manusia, peningkatan ketahanan bencana, serta percepatan reformasi birokrasi.

Musrenbang RKPD 2024 Provinsi Sulteng juga dihadiri oleh Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri Restuardy Daud yang menyampaikan arahan Mendagri.

Selain Pemkab Banggai, PPD 2023 juga diberikan kepada Kabupaten Poso (peringjat I), Kota Palu (peringkat II), dan Kabupaten Sigi (peringkat IV). (Dkf)