Lepas Dokter Anang, Bupati Banggai Tunjuk Nurdjalal Plt Kadis P2KB-P3A

Serah terima jabatan Kepala Dinas P2KB-P3A yang digelar di ruang rapat umum Kantor Bupati Banggai, Senin (27/3).[Foto:Diskominfo Banggai]

BANGGAIPOST.COM,Luwuk- Bupati Banggai Ir.H.Amirudin,MM,AIPO menunjuk Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Banggai, Nurdjalal, sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KB-P3A) Kabupaten Banggai.

Nurdjalal diberi mandat memimpin dinas yang sebelumnya dikepalai oleh Dr. dr. Anang S. Otoluwa berdasarkan Surat Perintah Pelaksana Tugas Nomor : 800 / 0474 / BKPSDM.

Diketahui, dr. Anang saat ini mendapatkan promosi jabatan sebagai Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo.

Kepindahan dr. Anang ke Pemprov Gorontalo cukup mengejutkan banyak orang, khususnya di kalangan birokrasi Pemkab Banggai.

Bupati Amirudin mengaku berat melepas salah satu ASN terbaik yang dimiliki oleh Kabupaten Banggai itu. Ia bahkan tersedu-sedu dan beberapa kali harus menghentikan pidatonya pada acara serah terima jabatan Kepala Dinas P2KB-P3A yang digelar di Ruang Rapat Umum Kantor Bupati Banggai, Luwuk Selatan, Senin (27/3/2023).

Baca Juga :  Bupati Banggai Lantik Kepala Sekolah dan Kapus

“Kelebihan orang baik itu, ke manapun dia pergi pasti dirindukan orang. Dan tanda-tanda orang baik itu ketika dia pergi semua orang berat melepasnya, dan ketika dia datang, semua orang bergembira,” kata Bupati Amirudin.

Bupati Banggai menjelaskan, pengembangan karier menjadi alasan dirinya mengizinkan dr. Anang pindah tugas.

“Ketika dr. Anang pamit mau mengikuti tes (promosi jabatan), saya sampaikan, sebenarnya berat, tapi ini masalah karier yang lebih baik, sehingga kita harus bisa melepas beliau, apalagi beliau mengabdikan diri di tanah kelahirannya,” ujar Bupati Amirudin.

Selama mengabdi di Pemkab Banggai, banyak prestasi yang ditorehkan dr. Anang untuk Kabupaten Banggai, khususnya terkait program penanganan stunting.

Baca Juga :  Gercep, Kadis Koperindag Tindaklanjuti Hasil Pertemuan Bupati Banggai Laut dan Menteri Perdagangan

Yang paling membanggakan, inovasi Posyandu Prakonsepsi berhasil masuk dalam jajaran Top 45 Sinovik KemenPANRB tahun 2020 dan telah diadopsi menjadi program nasional. Inovasi tersebut dicetuskan saat dirinya menjabat Kepala Dinas Kesehatan Banggai.

Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai Abdullah dalam kesempatan itu menyampaikan terima kasih atas pengabdian dr. Anang selama bertugas di Pemkab Banggai.

“Kami atas nama ASN mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada dr. Anang, semoga apa yang ditorehkan di sini menjadi berkah bagi kami, dan Insyaallah bapak di sana bisa juga menorehkan apa yang menjadi harapan kita semua, ASN Kabupaten Banggai,” ujar Sekda Abdullah.

Sebagai Plt Kadis P2KB-P3A, Nurdjalal diharapkan dapat melanjutkan kinerja baik yang ditinggalkan pendahulunya, khususnya penanganan stunting di Kabupaten Banggai.

Baca Juga :  Bupati Sofyan Kaepa Sebut Jembatan Mampaliasan Akan Jadi Ikon Banggai Laut

“Tugas yang cukup berat kita lakukan untuk tahun ini dan tahun depan yaitu penanganan stunting. Oleh sebab itu mari kita bekerja sama, mudah-mudahan apa yang menjadi target standar nasional (penurunan angka stunting hingga 14 persen) bisa kita wujudkan,” harap Bupati Amirudin. (Dkf)