Istighosah Akbar Memperingati Satu Abad NU di Kabupaten Banggai, Ini Harapan Wakil Bupati

Istighosa Akbar Memperingati Satu Abad Nahdatul Ulama (NU) di Kabupaten Banggai yang dipusatkan di Masjid Agung An Nur Luwuk, Selasa (7/2) malam.

BANGGAIPOST.COM,Luwuk- Wakil Bupati Banggai Furqanuddin Masulili menghadiri istighosah akbar dalam rangka memperingati satu abad berdirinya Nahdlatul Ulama, di Masjid Agung An-Nur Luwuk, Selasa (7/2/2023).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati mengatakan, peran NU dalam perjalanan bangsa Indonesia tidak dipungkiri lagi.

“Nahdlatul Ulama telah menunjukkan dedikasi yang tinggi dalam upaya memajukan bangsa. Kiprahnya di berbagai bidang menjadi bukti wujud komitmen NU dalam peranannya yang signifikan terhadap bangsa Indonesia,” ujar Wabup Furqanuddin.

Di bidang pendidikan, misalnya, berdirinya lembaga-lembaga pendidikan di bawah naungan NU, kata Wakil Bupati, telah memberikan sumbangsih dalam melahirkan generasi yang mampu memadukan antara kualitas dzikir, pikir, serta amal saleh.

Selain itu, NU dinilai konsisten dalam menjaga gerakan Islam rahmatan lil alamin di Indonesia, serta menolak cara-cara kekerasan atas nama Islam.

Baca Juga :  Semangat Perubahan Bupati Sofyan Kaepa Tidak Dibarengi Semangat Pimpinan OPD

“Untuk itu, tidak berlebihan kiranya apabila pemerintah dan masyarakat Kabupaten Banggai berharap dukungan serta peran NU dalam pembangunan,” ujar Wabup.

Wabup berharap, NU dapat lebih memantapkan eksistensi dan perannya dalam rangka memacu akselerasi pembangunan di Kabupaten Banggai.

“Semoga dengan bertambahnya usia yang genap satu abad ini, Nahdlatul Ulama menjadi organisasi yang lebih matang dan bijaksana dalam menyikapi berbagai dinamika keorganisasian baik yang berasal dari internal maupun eksternal,” pungkasnya.

Pada momen satu abad NU, Ketua Tanfidziyah PCNU Banggai Suardi Kandjai mengajak para nahdliyin untuk menjaga kesatuan bangsa Indonesia dari berbagai ancaman.

“Kita harus bersinergi membantu pemerintah dalam rangka menjaga Republik Indonesia dari berbagai macam ancaman dan tantangan yang merusak nilai-nilai kemajemukan bangsa,” kata Suardi.

Baca Juga :  Haul Guru Tua ke-55 di Gelar di Luwuk Banggai, Berikut Pesan Ketua Utama Alkhairaat

Selain istighosah yang dipimpin oleh Rais Syuriyah PCNU Banggai Jazuli Arifin, juga dilakukan pembacaan kilas balik perjalanan NU dari masa ke masa.

Turut hadir Komandan Kodim 1308/LB Dony Gredinand, perwakikan Kejari Banggai, Polres, DPRD Banggai, jajaran PCNU Banggai, serta para nahdliyin.(Dk)