Bayar Tagihan Air Pakai Aplikasi PDAM INFO

BANGGAI POST, BALUT– PERUMDA Air Minum Paisu Moute Kabupaten Banggai Laut akan melakukan soft launching produk aplikasi pembayaran rekening Air dengan sistem online melalui Aplikasi PDAM INFO.

Soft launching aplikasi pembayaran rekening air secara online ini, rencana dilakukan bertepatan dengan hari Ulang Tahun Kabupaten Banggai Laut yang akan diperingati pada tanggal 14 Desember 2022.

Ini merupakan tindak lanjut dari upaya digitalisasi PDAM. Dengan aplikasi ini, pelanggan air bersih PERUMDAM Air Minum Paisu Moute akan mudah melakukan transaksi pembayaran tagihan rekening air PDAM-nya dengan sistem online.

Inovasi Aplikasi ini, bertujuan untuk mengkolaborasikan program pemerintah daerah dan pelanggan, hingga layanan PDAM kedepan lebih baik, lebih transparan dan lebih cepat. Ini juga bagian dari upaya menutup kebocoran keuangan yg sering terjadi di PDAM.

Baca Juga :  UPDATE Covid-19: Hari Ini 15 Mei Banggai Bertambah 4 Kasus Baru

Untuk menggunakan PDAM INFO, pelanggan atau Masyarakat Banggai Laut bisa langsung mendownload melalui Handphone/smartphone Android di google play store.

“Setelah download, pelanggan bisa melakukan registrasi dan setelah semua registrasi selesai selanjutnya pelanggan dapat melakukan transaksi pembayaran,” jelas Irfan, Developer Program BIMA Sakti, Kamis (24/11).

Mengenai keakuratan Aplikasi, Irfan mengatakan, akan lebih terjamin bila dibandingkan dengan pembayaran sistem manual, karena didalam setiap meteran pelanggan juga terpasang Barcode untuk membaca angka meteran.

“Jadi pelanggan cukup melakukan Scan Barcode yang dipasang di setiap meteran dengan memasukan nomor pelanggan, maka akan segera mengetahui jumlah tagihan,” ungkapnya.

Direktur PERUMDA Air Minum Paisu Moute Kabupaten Banggai Laut, Nurlan M. Mataiya mengatakan, dengan aplikasi yang sangat mudah ini, pelanggan tidak perlu lagi repot-repot datang mengantri di loket PDAM untuk membayar rekening tagihan air setiap bulan.

Baca Juga :  Sosialisasi Tugas dan Kewenangan DPRD, Kejari Banggai Laut Ikut Ambil Bagian

“Setiap transaksi dapat dilakukan melalui M.Banking BRI, BNI dan MANDIRI serta Shopee Pay,” tuturnya.

Jika pelanggan belum membayar, maka akan ada pesan email notifikasi sistem yang disampaikan oleh aplikasi tersebut, Seperti “Sudahkah Anda membayar rekening bulan ini”.

Kemudian jika pelanggan yang menunggak 5 sampai 6 bulan, maka akan dilakukan pemasang blockable atau penguncian aliran air.

Selain melakukan transaksi pembayaran, masyarakat juga bisa mendapatkan informasi lainnya seputar PERUMDAM Paisu Moute Banggai Laut yang terdapat di Website (perumdampaisumoute.co.id) dan bisa menyampaikan keluhannya.

“Aplikasi ini juga mendapat respon positif dan dukungan dari Bupati dan Wakil Bupati Banggai Laut, hingga kedepan pelayanan PDAM kepada masyarakat akan lebih baik,” tutur Nurlan. (IK)

Baca Juga :  Hari Anak Nasional, AHY Ajak Orang Tua Jadi Garda Terdepan Lindungi Anak-anak Dari Virus Covid-19