banner 728x250

Deklarasi Kampung Pancasila di Desa Tontouan Banggai

Foto:Bagian Prokopim Setda Banggai

BANGGAIPOST.COM,Luwuk- Mewakili Bupati Banggai Ir. Abdulah Ali. M.Si sekretaris Daerah kabupaten Banggai menghadiri Deklarasi kampung Pancasila di desa Tontouan kecamatan Luwuk, Selasa (15 November 2022).

Hadir dalam acara tersebut unsur Forkopimda, para Pimpinan Perangkat Daerah, Camat Luwuk, Luwuk Utara, Luwuk Timur, Luwuk Selatan, Forkopimcam, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Perwakilan siswa siswi SMA Ss Kota Luwuk.

Dalam sambutan tertulis Bupati yg di bacakan Sekertaris Kabupaten, mengucapkan trimah kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada komando rayon militer 1308 / 01/ Luwuk dan semua pihak yang terkait, yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, sehingga dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Dikatakan, Bangsa Indonesia dengan berbagai latar belakang suku, agama, budaya, dan adat istiadat, dan bahasa yang telah hidup berdampingan secara damai selama berabad abad.

Demikian pula kabupaten Banggai yang di huni oleh masyarakat berlatar belakang, suku, budaya dan agama yang variatif sebagai ideologi negara Pancasila menjadi pondasi dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat. Sejalan itu semboyan bangsa “Bhinneka Tunggal Ika” yang tidak dapat di pisahkan dari pancasila.

Dalam kesempatan yang sama Bupati mengajak kita semua, untuk senantiasa menjaga harmonisasi kehidupan ,serta mengedepankan semangat kebersamaan, toleransi dan persatuan dan kesatuan.

Di akhir sambutan Bupati Banggai ditegaskan bahwa, pancasila adalah idiologi bangsa yang wajib di jiwai di pertahankan dan di laksanakan dalam setiap aspek kehidupan.

“Dan saya berpesan kampung Pancasila wajib di manfaatkan secara optimal untuk membentuk jiwa jiwa dan kepribadian Pancasila dalam diri anak cucu kita. Sebagai pemegang tongkat kepemimpinan di masa depan,”tegas Bupati.(BP)