Peringati Hari Sumpah Pemuda, Kejari Banggai Laut Gelar Sejumlah Lomba

BANGGAI POST, BALUT- Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 94, Kejaksaan Negeri Banggai Laut menggelar sejumlah perlombaan di gedung Ali Hamid. Ada tiga jenis perlombaan akan dilaksanakan selama dua hari, Busana Adat Banggai Tingkat SMP dan SMA sederajat, Pidato Bahasa Inggris tingkat SMP dan SMA Sederajat serta lomba Video Pendek tentang Potensi daerah seperti potensi pariwisata, perikanan dan kebudayaan.

“Kegiatan ini akan dilaksanakan selama tiga hari, sejak hari ini tanggal 25 sampai dengan 27 Oktober,” kata Sekretaris Panitia Aswar Nur, Selasa (25/10).

Peringatan hari sumpah pemuda ke 94 kali ini mengusung tema ‘Bersatu Bangun Bangsa, bersama pemuda kreatif dan Inovatif Bersatu Membangun Bangsa’

Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama antara Kejaksaan Negeri Banggai Laut, IAD dan KNPI.

Baca Juga :  Daftar ke KPU Pakai Bentor, Tuty-Richard Dihadang Penjual Tomat

“Jika kegiatan ini bermanfaat tolong sampaikan ke masyarakat tetapi jika kegiatan ini memiliki banyak kekurangan tolong disampaikan ke kami sebagai panitia. Agar kedepan kegiatan-kegiatan seperti ini bisa diperbaiki,” tutur Aswar.

Pada kesempatan itu, Kepala Kejaksaan Negeri Banggai Laut Reinhard Tololiu, S.H., M.H menyampaikan bahwa perlombaan ini merupakan wadah untuk bisa berekspresi, menunjukkan kemampuan sambil membenahi kekurangan.

“Jadi ada makna lomba kadang dilupakan yaitu bagi yang dapat predikat juara harus selalu berusaha untuk meningkatkan kemampuan. Karna mempertahankan itu lebih sulit dari merebut,” kata Kajari Banggai Laut Reinhard.

“Tapi bagi yang masih belum mendapatkan predikat juara itu menjadi sarana intropeksi, kekurangan ada dimana sehingga bisa diperbaiki kedepannya,” tambahnya.

“Tetapi lomba sesungguhnya untuk adik-adik yakni mengantikan kita semua, menggantikan pak Bupati, saya, pak kapolres, pak sekda, pak kapolsek, bapak ibu kepala dinas. Itulah lomba yang sesungguhnya,” tutur Kajari Reinhard.

Baca Juga :  Polisi dan Pemerintah Kecamatan Mediasi Aksi Blokade Jalan Tani di Batui

“Terimakasih kepada kepada KNPI dan IAD yang telah membantu sehingga kegiatan ini bisa terlaksana. Pesan saya untuk adik-adik untuk menjaga persatuan dan kesatuan, seperti sumpah pemuda yang bergema 94 tahun lalu,” ucapnya.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa. Dalam kesempatan tersebut menyampaikan, bahwa majunya Banggai Laut tidak terlepas dari peran pemuda. Yang saat ini peran-peran pemuda sudah mulai terlihat. Sesuai dengan tema kali ini Bersama Pemuda Kreatif dan Inovatif Bersatu Membangun Bangsa.

“Daerah ini mampu bersaing dengan daerah-daerah lain yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah karna ada pemuda yang Kreatif dan Inovatif,” kata Bupati Sofyan.

Baca Juga :  Sulianti Murad: Pemilu dan Pilkada 2024, Ciptakan Budaya Santun, Menghargai dan Saling Menguatkan

“Lanjutan pembangunan bandar udara kita seharusnya tidak ada, nol. Hanya karna ada pemuda yang berani hari ini pembangunan bandara bisa berlanjut, sementara pra kualifikasi,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu pula, orang nomor satu di Kabupaten Banggai Laut itu juga menyampaikan Terimakasih kepada Kejaksaan Negeri Banggai Laut, IAD dan KNPI Banggai Laut yang telah melaksanakan kegiatan ini. (IK)