banner 728x250

Webinar Bebas Stunting, Desa Boitan Banggai Wakili Sulteng

Foto:Diskominfo Banggai

BANGGAIPOST.COM,Luwuk- Bupati Banggai Ir. H. Amirudin, MM., AIFO mengikuti secara langsung Zoom Meeting Webinar Praktek Baik Desa Bebas Stunting (De’Best) di 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) Seri 6, bertempat di Ruang Rapat Umum, Selasa (24/10/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan oleh BKKBN Pusat ini diadakan untuk menggali praktik terbaik dalam upaya mengurangi stunting pada anak-anak, terutama selama 1000 hari pertama kehidupan yang sangat penting.

Bupati Amirudin dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas terpilihnya Desa Boitan, Kecamatan Luwuk Timur, Kabupaten Banggai, untuk mewakili Provinsi Sulawesi Tengah.

Kepala Desa Boitan, Dahlan Lambause mewakili Provinsi Sulawesi Tengah, menjadi percontohan Desa Bebas Stunting dan mempresentasikan Praktek Baik Desa Bebas Stunting Seri 6.

“Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Banggai patutlah memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas inovasinya yang telah di buat, kami dari Pemerintah Selain inovasi yang menggunakan dana desa, kami juga mempunyai program yang namanya 1 Juta 1 Pekarangan,” tutur Bupati.

Program ini sambung Bupati, diperuntukkan kepada masyarakat miskin sehingga pendapatan mereka naik.

Bupatipun menginformasikan, tahun 2024 Pemda mendapatkan alokasi anggaran untuk Pemerintah Kecamatan dengan Nilai 5 Milyar Perkecamatan. Salah satunya untuk menangani Stunting yang ada di Kabupaten Banggai.

“Kami berharap di Tahun 2024 nanti, bisa masuk pada Angka Nasional yaitu 14%, karena di Tahun 2023 kami sudah turun, akan tetapi tidak terlalu signifikan, karena ini bukan kerja-kerja biasa, tapi kerja luar biasa, yang semuanya adalah untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Banggai,”ujarnya.

Untuk diketahui, Webinar Praktek Baik Desa Bebas Stunting (De’Best) di 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) Seri 6 adalah, salah satu langkah konkret dalam memajukan kualitas hidup anak-anak di Banggai dan mengurangi angka stunting di wilayah tersebut.

Turut Hadir dalam kegiatan ini Wakil Bupati Banggai, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Banggai Selaku Ayah Asuh Stunting, Assisten I Setda Banggai, Kadis PMD, Kadis Sosial, Sekdis P2KBP3A, Sekdis Kesehatan, Kepala Bappedalitbang/BRIDA, Kabag Prokopim Setda Banggai, Camat Luwuk Timur, Kepala Desa Boitan. (Dkf)