Wajah dan Semangat Baru Dekranasda Banggai Laut

PENGUKUHAN : Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa saat mengukuhkan pengurus Dekranasda Kabupaten Banggai Laut Periode 2021-2026. Bupati didampingi Ketua Dekranasda Kabupaten Banggai Laut Waode Safia dan Sekretaris Daerah Kabupaten Banggai Laut Ruslan. (FOTO MOHAMAD IKBAL / BANGGAI POST)


BANGGAI POST, BALUTРPengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Banggai Laut periode 2021-2026 resmi dikukuhkan Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa, di Pondopo Rumah Jabatan Bupati Banggai Laut, Senin (20/9).

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Dekranasda Kabupaten Banggai Laut, Waode Safia mengatakan, pengukuhan pengurus merupakan momentum yang sangat penting dalam pembinaan dan pengembangan industri kerajinan daerah, terutama industri kerajinan yang membawa dampak bagi seluruh aspek kehidupan.
“Tugas dan tanggungjawab ini tentu tidaklah mudah, untuk itu saya berharap kerjasama dan dukungan kepada seluruh pihak, agar dekranasda Kabupaten Banggai Laut dapat menjadi mitra terbaik Pemda dan juga masyarakat Kabupaten Banggai Laut,” tutur Waode Safia.

Selaku Ketua Dekranasda, Waode Safia berharap, dengan dikukuhkan pengurus baru, dekranasda kedepannya dapat lebih baik dan lebih maju. Apalagi saat ini tantangan semakin berat di masa pandemi covid-19. Dimana daya beli dan perekonomian saat ini sangat rendah, ini merupakan salah satu permasalahan dan tantangan yang harus dihadapi dekranasda.
“Seluruh pengurus dapat memberikan semangat kepada seluruh pengrajin untuk tetap semangat menghasilkan kerajinan. Karna dekranasda merupakan wadah produk kerajinan daerah yang memiliki kemitraan kuat dengan industri kerajinan,” jelasnya.
“Saya berkeyakinan dekranasda Kabupaten Banggai Laut dapat menjalankan fungsinya secara optimal sehingga dapat mencapai tujuan utama dekranasda yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta menggali, mengembangkan dan melestarikan budaya,” ucap Ketua Dekranasda, Waode Safia.

Sebagai dewan pembina dekranasda Kabupaten Banggai Laut, Bupati Sofyan Kaepa berharap, dengan telah selesainya pengukuhan pengurus baru dekranasda menjadi awal dari perbaikan dan semoga Kabupaten Banggai Laut lebih terkenal dengan adanya budaya dan kerajinan yang nanti diorbitkan oleh pengurus.
“Harus mencari apa yang yang diunggulkan, kerajinan kita apa, kita selalu saja terlambat dengan daerah lain. Apa yang seharusnya kita punya hanya karna terlambat jadi milik daerah lain. Sehingga kita tidak punya hak paten,” tegasnya.
“Apa yang menjadi potensi daerah ini harus cepat diambil. Saya berkeyakinan dengan potensi yang dimiliki pengurus baru bisa menjadi ujung tombak mempromosikan Banggai Laut. Home industri juga harus menjadi perhatian dekranasda,” tutur Bupati Sofyan Kaepa. (IK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *