Untika Luwuk Gelar Uji Publik Satgas Pencegahan & Penanganan Kekerasan Seksual

Uji Publik Satuan Tugas (Satgas) Penanganan dan Pengendalian Kekerasan Seksual (PPKS) yang digelar Untika Luwuk, Kamis (15/6).[Foto:Istimewa]

BANGGAIPOST.COM,Luwuk- Universitas Tompotika (Untika) Luwuk, menggelar Uji Publik Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) yang dipusatkan di aula kampus, Kamis (15/6).

Dikegiatan itu, Panitia Seleksi (Pansel) mengundang panelis eksternal dan internal.

Panelis eksternal, dari Dinas P2KBP3A yang diwakili Kabid Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Terhadap Perempuan dr.Susilawati Muid, dan Arsetia Budi selaku Kepala Seksi.

Pansel juga melibatkan Polres Banggai, sebagai salah satu panelis, yang dihadiri oleh Kanit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) IPDA Herdianto Tamaka.

Sementara panelis internal diwakili oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr.Hamdin Husen,S.Sos,.MS.i.

Ketua Pansel PPKS Marno Hipan,SH,.MH, mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud implementasi Permendikbudristek nomor 30 tahun 2021, tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Perguruan Tinggi.

Sehingganya Universitas Tompotika luwuk, melakukan seleksi uji publik bagi Calon Satuan Tugas (Satgas) yang dilakukan oleh Panitia Seleksi.

Iapun berharap kepada satgas PPKS yang terbentuk, agar dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab, menginvestigasi terkait  pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di lingkungan Untika. Sehingga tercipta  rasa aman dan nyaman bagi seluruh civitas akademika.

“Melalui program ini, juga akan menumbuhkan tingkat kepercayaan masyarakat kepada Lembaga Pendidikan, dalam hal ini Untika Luwuk,”ucapnya.

Rektor Untika Taufik Bidullah,SE,.M.Si disela-sela membuka kegiatan tersebut, mengatakan, berdasarkan Permendikbudristek nomor 30 tahun 2021,  Perguruan Tinggi memiliki peran yang sangat penting, untuk melakukan pencegahan kekerasan seksual.

Sebagai wujud aksi nyata, Untika Luwuk merespon dengan menggelar uji publik, yang merupakan salah satu tahapan menyeluruh proses seleksi Satgas PPKS.

“Ini bentuk tanggung jawab Untika dalam mengawal dan memberikan rasa nyaman dan aman bagi masyarakat, khususnya internal kampus,”tutur Rektor.

Sementara itu, Kanit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Banggai, IPDA Herdianto Tamaka menilai, pembentukan Satgas PPKS, ikut membantu fungsi tugas Institusi Kepolisian. (NS)