Rakor Bunda PAUD Resmi Digelar, Bupati Banggai Tegaskan Sejumlah OPD Ini Wajib Terlibat

Rakor Bunda Paud Kabupaten Banggai.[Foto:Diskominfo Banggai]

BANGGAIPOST.COM,Luwuk – Bupati Banggai Ir. Amirudin, MM.,AIFO membuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Tingkat Kabupaten Banggai Tahun 2023 di Estrella Hotel and Conference, Kelurahan Tanjung Tuwis, Rabu (15/3/2023).

Mengawali sambutannya, Bupati Banggai mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan ini dan berharap agar dapat membangun persamaan persepsi, pemahaman dan langkah kerja ditingkat kabupaten.

“Dalam mewujudkan sumber daya manusia Kabupaten Banggai yang unggul dimasa-masa yang akan datang tentu beberapa sektor seperti Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, P2KBP3A wajib terlibat untuk bersama-sama melaksanakan tugas sesuai tanggung jawab dan kewenangan masing-masing,” tegas dia.

Hal ini, lanjut Bupati, dilakukan demi terpenuhinya kebutuhan esensial anak usia dini secara utuh meliputi kesehatan dan gizi, rangsangan pendidikan, pembinaan moral, emosional dan pengasuhan. Sehingganya anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal sesuai dengan umurnya.

“Oleh sebab itu, peranan dari PAUD ini sangat penting dalam membangun Kabupaten Banggai khususnya, dan membangun Bangsa Indonesia pada umumnya,” ujar Bupati Banggai.

Bunda PAUD Kabupaten Banggai, Hj. Ir. Syamsuarni Amirudin, SE., MM di kesempatan yang sama turut memberikan sambutan. Ia mengungkapkan, Rakor Bunda PAUD tingkat Kabupaten ini dilaksanakan selain dalam rangka silaturahmi, tentunya untuk meningkatkan kapasitas serta pemahaman para Bunda PAUD yang ada di Kabupaten Banggai.

“Rapat Koordinasi Bunda PAUD ini juga kami laksanakan sebagai bentuk dukungan terhadap pelaksana visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Banggai, khususnya pada visi pertama yaitu membangun sumber daya manusia berkualitas, produktif dan sejahtera, khususnya melalui program Banggai Cerdas,” tambahnya.

Lebih lanjut, ia juga menyampaikan kegiatan ini satu-satunya kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Tengah yang melaksanakan Rapat Koordinasi dengan menghadirkan seluruh Bunda PAUD Kecamatan, dan seluruh Bunda PAUD desa/kelurahan hanya ada di Kabupaten Banggai itu sendiri.

Turut hadir pula kepala-kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Banggai, Camat se-Kabupaten Banggai, para Ketua Organisasi Perempuan di Kabupaten Banggai, perwakilan perusahaan Swasta, BUMN, BUMD, serta Pengurus Pokja Bunda PAUD dari seluruh Kecamatan Kabupaten Banggai. (Dkf)