Penjelasan Bupati Soal Angka Kemiskinan Ekstrem di Banggai

Ir.H.Amirudin,MM

BANGGAIPOST.COM,Luwuk – Pengentasan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Banggai menunjukkan hasil yang cukup memuaskan.

Berbagai program yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Banggai sepanjang 2022 mampu menurunkan angka kemiskinan ekstrem secara signifikan.

“Angka kemiskinan ekstrem kita terus mengalami penurunan dari 3,24 persen menjadi 1,44 persen,” ujar Bupati Banggai Amirudin dalam Upacara Peringatan HUT ke-63 Kabupaten Banggai, di Kawasan Perkantoran Bukit Halimun, Luwuk Selatan, Sabtu (8/7/2023).

Hal ini, kata Bupati Amirudin, setara dengan 5.609 jiwa dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 12.332 jiwa. Artinya, lebih dari separuh dari jumlah penduduk miskin ekstrem di Kabupaten Banggai berhasil dientaskan sepanjang 2022.

Selain itu, angka kemiskinan Kabupaten Banggai berhasil ditekan hingga 7,33 persen dari sebelumnya 7,83 persen. Catatan tersebut juga menunjukkan bahwa kemiskinan di Banggai masih jauh di bawah Provinsi Sulawesi Tengah yang mencapai 12,33 persen serta angka kemiskinan nasional sebesar 9,57 persen.

Di tengah situasi global yang masih bergejolak dan penuh tantangan sehingga dapat berdampak pada ekonomi nasional maupun daerah, Bupati Amirudin optimistis pembangunan di Kabupaten Banggai akan terus menuju ke arah yang lebih baik.

“Tentu apa yang telah kita capai hari ini merupakan kerja kolektif kita bersama, baik eksekutif, legislatif, yudikatif, akademisi, organisasi kemasyarakatan dan kelompok masyarakat,” kata Bupati Amirudin. (Dkf)