Penilaian Kinerja Penurunan Stunting se Sulteng, Bupati Banggai: Ini Tugas Kemanusiaan

Penilaian Kinerja Penurunan Stunting di Kabupaten Banggai, Jumat (17/3).[Foto:Diskominfo]

BANGGAIPOST.COM,Luwuk- Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM., AIFO menghadiri sekaligus membuka secara resmi Rapat Penilaian Kinerja Aksi Penurunan Stunting Kabupaten/Kota Se-Sulawesi Tengah Tahun 2023 di Ruang Rapat Khusus Kantor Bappeda Litbang Banggai, Luwuk Selatan, Jumat (17/3/2023).

Mengawali sambutannya, Bupati Amirudin memberikan ucapan selamat datang kepada Tim Penilai di Kabupaten Banggai.

“Stunting ini merupakan hal yang sangat ditargetkan oleh pemerintah baik nasional, provinsi maupun kami disini. Kami berharap bahwa tahun 2045 itu ada generasi emas untuk bangsa Indonesia, generasi cegah stunting,” ujarnya.

Kabupaten Banggai, lanjut Bupati, dari tahun ke tahun angka stuntingnya terus menurun, bahkan pada tahun 2022 berdasarkan SSGI turun 1,7 sekarang berada disekitar 24%. Dan berharap bahwa tahun 2024 ini bisa berada di 14%.

Lebih lanjut ia juga menyampaikan bahwa untuk mencapai penurunan yang begitu drastis dibutuhkan bukan kerja-kerja biasa tapi dibutuhkan kerja-kerja yang luar biasa.

“Alhamdulillah kami pada tahun kemarin mendapat juara 1 tingkat nasional untuk inovasi dan kolaborasi lintas sektor,” tegas Bupati.

Dalam lintas sektor ini melibatkan beberapa universitas, pertamina, JOB, dan semua pihak-pihak swasta.

“Alhamdulillah ini merupakan aksi-aksi yang kita lakukan dalam rangka bagaimana stunting di kabupaten banggai ini bisa segera turun, dan semoga stunting di Kabupaten Banggai bisa kita capai sesuai dengan target nasional,” tandas Bupati Amir

Bupati juga berpesan bahwa jangan bekerja menurunkan stunting hanya karna ada penilaian, tetapi ini adalah tugas kemanusiaan yang harus dilakukan.

Turut hadir unsur Forkopimda, Kepala Bappeda dan Litbang Kab.Banggai, Ketua Tim Penggerak PKK Kab.Banggai, Tim Penilai Kinerja Aksi Penurunan Stunting, para pimpinan OPD, dan seluruh hadirin tamu undangan.(Dkf)