Pasar Ekonomi Kreatif di Banggai, Ini Harapan Wakil Bupati

Pasar Ekonomi Kreatif yang digelar Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai disela-sela kegiatan Festival Budaya Teluk Lalong.[Foto:Pemda Banggai]

BANGGAIPOST.COM,Luwuk- Pasar Ekonomi Kreatif untuk meramaikan festival budaya International Teluk Lalong Festival (ITLF) 2023 secara resmi dibuka oleh Wakil Bupati Banggai Furqanuddin Masulili, Kamis (24/8/2023), di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Teluk Lalong.

Sejumlah stan disediakan gratis untuk para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan Dinas Koperasi dan UKM dan Dinas Pariwisata Kabupaten Banggai.

Wakil Bupati berharap kunjungan wisata di ITLF 2023 yang akan digelar selama sepekan dapat menggeliatkan usaha para pelaku UMKM.

“Pembinaan dan pengembangan UMKM akan terus kita kembangkan dengan berbagai strategi, salah satunya dengan kegiatan Pasar Ekonomi Kreatif 2023 yang kita laksanakan hari ini,” ujar Wabup Furqanuddin.

ITLF 2023 merupakan festival budaya bertaraf internasional yang digelar oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Banggai. Selain memperkenalkan sektor pariwisata daerah, ITLF bertujuan untuk meningkatkan minat berbagai pihak agar dapat melakukan aktivitas bisnis dan berinvestasi di Banggai.

Berkaca dari pelaksanaan ITLF tahun lalu, Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Banggai Subrata Kalape optimistis gelaran ITLF dapat mendongkrak ekonomi masyarakat.

Subrata mengatakan, selama gelaran ITLF 2022 lalu, jumlah uang yang berputar di masyarakat sekitar Rp5,6 miliar. Hal itu terlihat dari jumlah kunjungan, pendapatan para pelaku UMKM, wahana permainan anak, hingga retribusi parkir yang dihasilkan selama 7 hari pelaksanaan festival. (Dkf)