Panen Perdana Program 1 Juta 1 Pekarangan Sektor Peternakan di Banggai

Panen Perdana Program 1 Juta 1 Pekarangan sektor peternakan di Kabupaten Banggai.[Foto:Diskominfo Banggai]

BANGGAIPOST.COM,Luwuk- Program 1 Juta 1 Pekarangan di bidang peternakan yang didistribusikan belum lama ini telah dirasakannya manfaatnya oleh para penerima bantuan.

Memasuki hari ke 33 tepatnya Rabu (4/1/23), penerima manfaat di Desa Bumiharjo, Kecamatan Moilong, telah berhasil menjual ayam pedaging dengan berat 2 kilogram per ekor dengan harga Rp. 50 ribu.

Informasi yang dihimpun media ini menyebutkan, masyarakat tak lagi mengalami kesulitan dalam pemasaran ayam pedaging, karena mitra dalam hal ini, para bakul ayam langsung menjemput dan membeli ayam pedaging di tempat.

Di saat yang sama, bantuan 1 Juta 1 pekarangan berupa ayam petelur juga dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di Desa Pisou, Kecamatan Pagimana. Meskipun telur perdana masih dikonsumsi sebagai suplai nutrisi protein bagi keluarga, tetapi diprediksi, tidak akan lama lagi, ayam petelur tersebut akan segera memberikan dampak ekonomi.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, mengungkapkan bahwa, tujuan program 1 juta 1 pekarangan sektor peternakan untuk memenuhi kebutuhan protein keluarga dalam rangka swasembada pangan dan meningkatkan pendapatan perekonomian keluarga telah tercapai sesuai harapan.

“Ke depan kami berharap akan tumbuh usaha peternakan kerakyatan yang dapat menggelora di masyarakat,” jelasnya.

Bupati Banggai selanjutnya berpesan kepada seluruh stakeholder yang terlibat, termasuk masyarakat penerima bantuan, agar program 1 juta 1 pekarangan di sektor peternakan ini dikelolah dengan baik, sehingga berdayaguna, berhasilguna dan berkesinambungan atau berkelanjutan.

Sekadar diketahui, Program 1 Juta 1 Pekarangan Sektor Peternakan dalam bentuk komoditas ayam pedaging dan petelur, lengkap beserta pangan, kandang dan obat-obat itu, telah didistribusikan di seluruh kecamatan sejak tanggal 29 November 2022.

“InsyaAllah dalam waktu dekat, seluruh masyarakat, khususnya para penerima manfaat, segera merasakan efek positif dari program ini,” tutup Bupati Banggai.(Dkf)