Opening Porprov Sulteng Ke-IX di Banggai Pukau Ribuan Penonton

Pembukaan Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) Sulawesi Tengah ke-IX di Kabupaten Banggai, Sabtu (10/12), di Bukit Halimun, Kecamatan Luwuk Selatan.[Foto:Diskominfo Banggai]

BANGGAIPOST.COM,Luwuk- Pesta olahraga yang mempertandingkan para atlet hebat dari 13 Kabupaten/Kota se Sulawesi Tengah resmi dimulai.

Acara pembukaan event yang bertajuk Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulawesi Tengah (Sulteng) Ke-IX Tahun 2022 itu, digelar di Bukit Halimun, Kelurahan Tombang Permai, Kecamatan Luwuk Selatan, Sabtu (10/12/12).

Agenda yang dimaksudkan untuk mengawali perhelatan olahraga terbesar di Sulteng tersebut, dikemas secara apik dan meriah oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai sebagai tuan rumah penyelenggara.

Ribuan hadirin, dalam hal ini tamu undangan yang duduk di tribun kehormatan, masyarakat yang sekedar datang untuk menyaksikan, serta atlet-atlet peserta Porprov, tidak hentinya bertepuk tangan dan bersorak-sorai usai menyaksikan suguhan penampilan yang diberikan panitia.

Mulai dari penataan cahaya dan sound effect yang memanjakan mata dan telinga, hingga rentetan pengisi acara yang sukses membuat warga luwuk dan para atlet tidak beranjak sampai acara usai.

Pertama, acara pembukaan diawali dengan paduan suara. Mereka secara bergantian menyanyikan lagu daerah dari masing-masing kontingen. Kemudian dilanjutkan dengan marching band dari SMP Negeri 2 Luwuk dan SMA Negeri 3 Luwuk yang turut andil membuat suasana menjadi lebih meriah.

Kemudian, kurang lebih 30 menit, pelajar-pelajar se Kota Luwuk yang berjumlah 300 orang menampilkan tarian kolosal garapan Olden Liong dengan pola barisan dan gerakan yang kreatif dan variatif. Seirama dengan lagu-lagu daerah yang menjadi musik pengiring, para penari menarikan tarian tradisional dari berbagai etnis di Indonesia. Di akhir pertunjukan tari, figur burung maleo raksasa di bawah ke tengah lapangan, beserta 13 panji-panji lambang kabupaten berukuran besar.

Hadirin kembali dibuat takjub dengan pemutaran video di layar yang terdapat di panggung utama. Video tersebut berisi kegiatan kirab api yang telah dilakukan masyarakat Banggai dari satu kecamatan ke kecamatan lainnya kemudian diserahkan ke Bupati ketika obor sampai di Ibu Kota Luwuk.

Video yang digarap DKISP Banggai itu mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari penonton, ketika mereka melihat betapa antusias anak-anak dan orang tua di desa menyambut obor Porprov.

Dengan sahutan dan teriakan seperti “luar biasa!”, “Mantap Banggai” dan “Ganas pak Bupati!, menjadi indikasi betapa terhiburnya para hadirin saat itu.

Seperti kata Ketua Komite Nasional Olahraga Indonesia (Koni) Sulawesi Tengah, Nizar Rahmatu, bahwa apa yang ditampilkan Kabupaten Banggai sudah sekelas dengan acara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON)

“Ini sudah sekelas PON, kalau begini bukan tidak mungkin, jika Sulteng mendapatkan kesempatan menjadi tuan rumah PON, maka akan dilaksanakan di Banggai,” jelas dia dalam sambutannya.

Ditambah lagi, di akhir video, ditampilkan secara langsung Anonim band yang menyanyikan theme song Porprov Sulteng Ke-9 berjudul “Banggai Satu”, dimana DKISP Banggai kembali merupakan pihak yang berkontribusi dalam penciptaannya.

Sebelum acara dibuka, seluruh kontingen dengan total atlet dan official sebanyak 3000 orang melakukan defile di hadapan para tamu undangan dan juga masyarakat yang hadir. Mereka dengan penuh kegembiraan, melemparkan senyuman dan melambai ke arah hadirin, kemudian direspon dengan lambaian tangan serupa dari kepala daerah mereka yang duduk di tribun kehormatan.

Wakil Gubernur Sulteng sebelum membuka kegiatan secara resmi, memuji Bupati Banggai atas keberanian beliau menyanggupi untuk menjadi tuan rumah Porprov disaat daerah yang seharusnya menjadi tuan rumah menolak karena suatu alasan.

“Selain Kota Palu, Banggai menjadi daerah penopang Sulteng untuk pelaksanaan event-event regional, nasional bahkan internasional,” imbuh dia.

Usai menyampaikan pernyataan pembuka kegiatan, Ma’mun Amir menyerahkan obor kepada Alan Nuari, Atlet Karateka Banggai yang pernah meraih prestasi hingga tingkat Internasional. Lalu ia, didampingi barisan 100 anggota Pramuka Kwarcab Banggai, menyalakan Api Porprov di Kaldron sebagai tanda dimulainya kompetisi hingga 17 Desember mendatang.

Di kesempatan yang sama. Ir. H. Amirudin yang juga berkesempatan menyampaikan sambutan, mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Kabupaten Banggai sebagai tuan rumah pelaksanaan Porprov Sulteng Ke-9.

“Selamat datang di Kota Luwuk, kota yang dijuluki Hong Kong di waktu malam,” sebut Ir. H. Amirudin, MM.

Beliau kembali mengingatkan bahwa Porprov bukan sekedar ajang kompetisi, tetapi juga merupakan ajang untuk mempererat rasa kesatuan dan persatuan, serta talih silaturahmi di antara Masyarakat Sulteng.

Bersama Bupati di tribun VIP, hadir pula Wakapolda Sulteng, Brigjen Pol. Hery Santoso, S.I.K., M.H, Bupati Poso, dr. Verna Gladies Merry Inkiriwang, Bupati Morut Delis Julkarson Hehi, Bupati Sigi Mohamad Irwan, Bupati Bangkep Ihsan Basir, Bupati Balut Sofyan Kaepa, Mantan Gubernur Sulteng dua periode Longki Djanggola, Bupati Tojo Una-Una Mohammad Lahay, Wakil Wali Kota Palu, dr. Reni Arniwati Lamadjido; dan perwakilan pimpinan eksekutif dan legislatif daerah lainnya. (Dkf)