Musrenbang Penyusunan RKPD 2023, Bupati: Usulan Harus Memperhatikan Prioritas Daerah

Foto:Diskominfo Banggai

BANGGAIPOST.COM, Simra- Pemerintah Kabupaten Banggai mulai melaksanakan Musyawarah Penyusunan Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2023.

Musrenbang untuk penyusunan RKPD tahun 2023 pertama kali dilaksanakan di Kecamatan Simpang Raya, dan dibuka langsung Bupati Banggai Amirudin pada Senin, (14/02/22) pagi tadi.

Bupati Banggai menerangkan tema Musrenbang dalam rangka penyusunan RKPD 2023 adalah kemandirian ekonomi daerah didukung penguatan daya saing sumber daya manusia, penguatan transformasi digital, dan kualitas pelayanan publik.

“Tema ini adalah tindaklanjut RPJMD tahun 2021-2026,” jelas Bupati Bupati Banggai.

Dalam Musrenbang penyusunan RKPD, Bupati Banggai meminta agar kegiatan prioritas kecamatan yang diusulkan harus memperhatikan proritas daerah tahun 2023. Hal ini agar tujuan dan sasaran dalam perencanaan bisa tercapai, sehingga harus benar-benar diperhatikan.

“Jadi jangan membuat perencanaan yang tidak termuat dalam visi dan misi Kabupaten Banggai,” katanya.

Untuk mendapat perencanaan kewilayahan yang berkualitas, Bupati Amirudin mendorong sinergitas antara pemerintah kecamatan, OPD dan masyarakat.

“Jangan ada lagi seperti yang kita sosialisasikan kemarin, ada proyek yang datang itu tidak ada dalam usulan. Tiba-tiba saja. Dalam pemerintahan sekarang tidak ada lagi seperti itu,” tegas Bupati Amirudin.

Terakhir, Bupati Amirudin mendorong peningkatan dan pengembangan inovasi sebagai terobosan penangan isu kewilayahan. “Tiga hal itu perlu diingat dalam pelaksanaan Musrenbang,” katanya.

Selain Bupati Banggai, Musrenbang untuk penyusunan RKPD di Kecamatan Simpang Raya juga terdapat para Anggota DPRD Banggai, kepala OPD, dan pemerintah desa, dan para tokoh masyarakat.

Setelah memaparkan arah dan kebijakan pemerintah Kabupaten Banggai tahun 2023, Bupati mendengar secara langsung usulan pemerintah kecamatan, desa, dan para tokoh di Kecamatan Simpang RayaRaya, Diakhiri dengan penandatanganan usulan bersama.(KF)