MTs Alkhairaat Luwuk Gelar Pelepasan & Perpisahan Siswa Kelas IX

Kegiatan Pelepasan dan perpisahan siswa kelas IX yang digelar MTs Alkhairaat Luwuk,Kamis (8/6).[Foto:Dokumentasi BanggaiPost]

BANGGAIPOST.COM,Luwuk- Madrasah Tsanawiyah (MTs) Alkhairaat Luwuk menggelar kegiatan pelepasan sekaligus perpisahan Siswa/Siswi kelas IX, di halaman madrasah, Kamis (8/6).

Hadir di kegiatan itu, sejumlah pejabat dilingkup Kemenag Banggai, Ketua Komda Alkhairaat Habib Muhammad Alhabsyi,ST bersama pengurus, pimpinan pondok pesantren Agil Alhabsyi,ST, Kepala MTs Alkhairaat Drs.Misrat Sawedi bersama dewan guru dan staf, serta para orang tua siswa.

Agenda ini mengusung tema, Taburlah Gagasan, Petiklah Perubahan, Raihlah Masa Depan, Wujudkan Generasi Berakhlak Di era Millenial.

Kepala MTs Alkhairaat Luwuk Drs.Misrat Sawedi dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada para orang tua siswa dan siswi, yang telah memilih madrasah Alkhairaat, sebagai tempat menimbah ilmu peserta didik.

“Terimakasih kami ucapkan kepada para orang tua atas kepercayaannya, menyekolahkan anaknya di madrasah Alkhairaat,”ucapnya.

Tidak hanya itu, Kepala Madrasah juga menyampaikan sejumlah prestasi yang diraih peserta didik selama dirinya memimpin MTs. Baik di bidang akademik maupun kegiatan pengembangan potensi, bakat dan minat siswa.

“Banyak prestasi yang diraih siswa kami sejak satu tahun saya menjabat sebagai Kepala Madrasah. Sepertihalnya KSM, Lomba Qiraatil Qur’an tingkat Provinsi, Pencak Silat, Karate,dan lain-lain,”jelasnya.

Untuk menilai Madrasah Alkhairaat sambung dia, tidak bisa dilihat dari sisi luarnya. Melainkan harus melihat kedalam.

“Ibarat Hand Phone, kita tidak bisa melihat dari casingnya, tapi lihatlah isinya. Untuk itu kami berharap, mari kita sama-sama meraih cita-cita di Madrasah Alkhairaat,”ujarnya berharap.

Sementara itu Kakan Kemenag yang di wakili M.Muhaimin,S.Ag dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi kepada kepala MTs Alkhairaat berserta dewan guru yang telah memajukan madrasah Alkhairaat. Betapa tidak, MTs Alkhairaat cukup dikenal dengan segudang prestasi.

“Kami tahu, output yang dihasilkan MTs Alkhairaat Luwuk, cukup banyak prestasi yang dihasilkan. Kami bangga dengan prestasi anak-anak kita yang luar biasa,”terangnya.

Sehingganya kata dia, sangat tepat, jika memilih madrasah sebagai tempat menimbah ilmu. Sebab, alumni yang dihasilkan tak diragukan lagi.

“Pondok pesantren dan madrasah, adalah lembaga terbaik dalam hal pembinaan anak-anak. Kapasitas mereka tidak diragukan. Untuk para alumni yang baru saja lulus, teruslah memperkaya khasanah keilmuan dengan melanjutkan ke jenjang berikutnya,”tegasnya.

Ketua Komisariat Daerah (Komda) Alkhairaat Banggai Habib Muhammad Alhabsyi,ST dalam sambutannya menyampaikan bahwa, kiprah Alkhairaat di bidang Pendidikan dan Dakwah telah teruji.

Alumni yang dihasilkan sangat banyak diberbagai profesi. Dengan bekal, menyandingkan iman dan ilmu.

“Kelas IX yang baru saja dinyatakan Lulus ini, menjadi bagian dari alumni. Ilmu yang adik-adik dapatkan, akan menjadi bekal di kemudian hari. Jadilah pemimpin yang dekat dengan Allah SWT,”ucapnya.

Menjadi tolak ukur pendidikan kata Ketua Komda bukanlah bangunan yang megah. Melainkan kemampuan guru dalam mendidik siswa dan siswi.

Tidak cukup hanya sekadar mentransfer ilmu. Guru dituntut memberikan motivasi belajar. Dengan modal semangat, siswa akan mencari referensi lain untuk mengembangkan literasi yang diberikan.

“Yang berpengaruh dalam dunia pendidikan ada 3. Yakni, motivasi, inovasi dan metode. Dengan motivasi anak didik akan punya semangat belajar,”jelasnya.

Untuk menjadi cerdas urai ketua Komda, harus banyak membaca, baik yang tertulis maupun yang tersirat. Serta mengaitkan ilmu dan Allah.

“Insya Allah ilmunya akan bermanfaat, dalam mencapai cita-cita yang di ridhai Allah SWT”tuturnya.

Diakhir sambutannya, Ketua Komda menyampaikan terima kasih kepada para orang tua siswa  yang telah menyekolahkan anaknya di madrasah Alkhairaat.

“Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Madrasah Tsanawiyah Alkhairaat. Sebagai tempat anak-anak menimbah ilmu hingga mereka lulus,”pungkasnya. (NS)