Lomba Desa Tingkat Kabupaten Banggai Laut, Desa Sonit Pertama Dinilai

BERI SAMBUTAN: Pj. Sekda Banggai Laut H. Ramli Nadjil saat membacakan sambutan Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa, SH, pada lomba desa tingkat Kabupaten Banggai Laut di Desa Sonit Kecamatan Bokan Kepulauan, Rabu (02/06). (FOTO MOHAMAD IKBAL/BANGGAI POST)


BANGGAI POST, BALUT– Setelah tahun lalu tidak dilaksanakan lomba desa karna wabah covid-19. Tahun ini lomba desa kembali digelar. Kabupaten Banggai Laut memulai lomba desa tingkat Kabupaten dengan mengunjungi dan menilai desa Sonit selaku perwakilan Kecamatan Bokan Kepulauan, Rabu (02/06).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (PMD-P3A) Kabupaten Banggai Laut yang sekaligus Ketua Tim lomba desa tingkat Kabupaten, Masrin Saluhu mengatakan, bahwa lomba desa tahun ini sedikit berbeda dengan lomba desa beberapa tahun lalu. Jika tahun lalu lomba desa tidak bisa dilaksanakan karna adanya wabah Covid-19. Tahun ini pemerintah pusat kembali melaksanakan program yang setiap tahun dilaksanakan. “Indikator penilaian masih sama, hanya ada penekanan lebih pada inovasi masyarakat dalam penanganan covid-19,” katanya.

Kegiatan lomba desa tingkat kabupaten Banggai Laut itu Bupati Banggai Laut Sofyan Kaepa diwakili oleh Pj. Sekda Ramli Nadjil. Dalam sambutannya, Bupati mengatakan, bahwa penilaian lomba desa merupakan kegiatan yang dilaksanakan setiap tahunnya mulai dari tingkat kecamatan, Kabupaten, provinsi dan pusat yang bertujuan untuk mendukung pemberdayaan masyarakat dan melihat keberhasilan pembangunan desa.
“Desa merupakan entitas penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik, yang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat. Terkait dengan itu, bahwa seluruh kegiatan pembangunan yang berlangsung di desa, korelasinya dengan upaya percepatan capaian pembangunan,” kata Bupati Sofyan Kaepa.

Dirinya juga mengatakan, pemerintah pun telah menetapkan kebijakan, baik dalam bentuk regulasi maupun program ataupun kegiatan, yang diarahkan untuk penguatan kelembagaan. Sebagai pengungkit motivasi dan pendongkrak swadaya gotong-royong masyarakat desa serta inovasi dan kreativitas pemerintah desa dalam pencapaian program pembangunan pedesaan. “Karna itu, lomba desa ini merupakan langkah komprehensif secara terarah, terkoordinasi, terpadu dan berkelanjutan dalam rangka melakukan evaluasi dan pembinaan pemerintah desa,” ujar Bupati dalam sambutannya yang dibacakan oleh Pj. sekda Ramli.

Kegiatan ini tentunya akan dinilai oleh tim yang berpengalaman dari instansi terkait serta organisasi wanita PKK kabupaten Banggai Laut. Sehingga sangat diharapkan kepada masyarakat dan perangkat desa dapat memberikan informasi yang aktual serta memperlihatkan data-data yang dibutuhkan oleh tim penilai. “Semoga keberhasilan yang diraih desa Sonit dalam lomba desa tingkat kabupaten merupakan wujud keberhasilan pemerintah desa beserta warga masyarakat dalam meningkatkan seluruh aspek kehidupan dalam pembangunan desa,” tutur Bupati Sofyan.(IK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *