Kejari Banggai Peringati Puncak Hari Bhakti Adhyaksa ke-63

Acara syukuran dan ramah tamah memperingati puncak Hari Bhakti Adhyaksa ke-63, yang digelar Kejari Banggai, Sabtu (22/7).[Foto:Nasri/BanggaiPost]

Laporan: Nasri Sei/BanggaiPost.com

BANGGAIPOST,Luwuk- Kejari Banggai memperingati Hari Bhakti Adhyaksa ke-63 tahun 2023, dengan menggelar upacara   yang dipusatkan dihalaman Kantor Kejaksaan, Sabtu (22/7).

Usai upacara Hari Bhakti Adhyaksa, dilanjutkan syukuran dan ramah tamah yang dihadiri unsur Muspida, Pimpinan kantor Imigrasi, Perbankan, BPJS Kesehatan, para pimpinan Hotel, LSM GAM, dan Media Mitra Kejari Banggai serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari)  Banggai Raden Wisnu Bagus Wicaksono, SH,.M.Hum mengatakan, kegiatan hari ini merupakan puncak pelaksanaan Hari Bhakti Adyaksa ke-63.

” Kegiatan ini tidak digelar secara formal, melainkan dikemas santai dan rileks. Kami ingin agenda ini dinikmati bersama,”jelasnya.

Dikesempatan itu pula, Kajari mengucapkan terimakasih kepada keluarga besar Kejaksaan Negeri Banggai yang telah berpartisipasi aktif, menyukseskan acara tersebut.

“Terima kasih atas dukungan penuh keluarga besar Kejari Banggai, acara berlangsung tanpa kendala apapun,”ucapnya.

Dihadapan purna Adyaksa dan para undangan, Raden Wisnu menginformasikan bahwa, sistem kerja di lingkup Kejaksaan telah mengalami perubahan, namun tanpa mengurangi esensi penegakkan hukum.

Jika sebelumnya kata dia, tugas seorang jaksa mencari orang kemudian ditangkap, maka era saat ini, institusi Adhyaksa ikut menginterpensi pengendalian stunting, sebagaimana instruksi Presiden RI.

“Arah kebijakan sudah berbeda, saat ini kita juga berkoordinasi dengan para stackholder di daerah, dalam pengendalian stunting,”jelasnya.

Dipenghujung sambutannya, Kajari berharap, sebagai institusi penegakkan hukum di daerah ini, akan berkontribusi memberi pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

“Konsep pelayanan kami, tentunya sesuai taqline yakni Penegakkan Hukum yang tegas dan Humanis Mengawal Pembangunan Nasional, sebagaimana instruksi pimpinan kami,”pungkasnya.

Dimomentum ramah tamah peringatan puncak Hari Bhakti Adhyaksa ke-63, Kajari Banggai menyerahkan penghargaan kepada para purna Adyaksa, serta aneka hadiah kepada para pemenang lomba catur dan tenis meja.

Panitia kegiatan juga melakukan pencabutan undian doorprize bagi keluarga besar Adhyaksa dan Media Mitra Kejari Banggai.

Sekadar diketahui, dalam menyambut Hari Bhakti Adhyaksa, Kejari Banggai sebelumnya menggelar ragam jenis kegiatan kemasyarakatan. Yakni, Pertama, pada hari Senin tanggal 10 Juli 2023, Kepala Kejaksaan Negeri Banggai selaku Ayah Asuh Stunting di Desa Bunga, dan Pengurus Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Daerah Banggai mengunjungi Ibu Hamil, Ibu menyusui dan Bayi yang dikategorikan beresiko Stunting;

Kedua, pada Kamis tanggal 13 Juli 2023, Kegiatan Siraman Rohani bagi yangberagama islam di Mushola Al-Ikhlas Kejaksaan Negeri Banggai;

Ketiga, tepatnya dihari Jumat tanggal 14 Juli 2023, telah dilaksanakan Pembukaan Pekan Olahraga diawali dengan Jalan Santai, Senam Pagi dan Fun Games yang diikuti oleh Seluruh Pegawai dan PPNPN pada Kejaksaan Negeri Banggai, Cabang Kejaksaan Negeri Banggai di Pagimana dan Bunta, Pengurus IAD Daerah Banggai dan Guru-guru pada TK Adhyaksa XL Banggai;

Keempat, pada Senin tanggal 17 Juli 2023 siraman rohani umat Kristiani bertempat di aula Kejari Banggai. Dan dihari yang sama juga, telah dilaksanakan Kunjungan Anjangsana kepada Purna Adhyaksa (Pensiunan Pegawai Kejaksaan RI) dan Anggota Kehormatan IAD;

Selanjutnya, pada Selasa tanggal 18 Juli 2023, telah dilaksanakan Donor Darah bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banggai, dengan kantong darah yang terkumpul sebanyak 30 kantong labu, yang terdiri dari 8 kantong labu golongan darah A, 3 kantong labu golongan darah B, 2 kantong labu golongan darah AB, dan 17 kantong labu golongan darah O. (NS)