ITLF 2023, 5 Negara Ini Ramaikan Karnaval Budaya di Luwuk Banggai

Karnaval Budaya memeriahkan International Teluk Lalong Festival (ITLF) 2023 di Luwuk,Kabupaten Banggai, Kamis (25/8).[Foto:DKISP)

BANGGAIPOST.COM,Luwuk– Gelaran festival budaya bertaraf internasional di Kabupaten Banggai bertajuk International Teluk Lalong Festival (ITLF) 2023 akan dimulai pada Kamis (24/8/2023) malam, di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Teluk Lalong, Kota Luwuk.

Untuk memeriahkan acara tersebut, Dinas Pariwisata Kabupaten Banggai mengawali ITLF 2023 dengan menggelar karnaval budaya.

Selain menampilkan atraksi budaya lokal Banggai, Balantak, Saluan, dan Andio (Babasalan), sejumlah etnis paguyuban di daerah inipun ikut ambil bagian.

Dan yang paling menarik perhatian warga, penampilan dari delegasi lima negara yakni, Latvia, Estonia, Lithuania, Korea Selatan, dan Thailan. Hal itu terlihat ketika delegasi ketiga negara Baltik (Latvia, Estonia, Lithuania) menampilkan tari tradisional di hadapan Bupati Banggai dan para pejabat Forkopimda.

Warga yang menyaksikan atraksi budaya tersebut, ikut bersorak dan menyemangati. Momen langka itupun diabadikan warga melalui gawai, bahkan tidak sedikit yang mengajak para delegasi untuk berswafoto.

Dari Alun-alun Bumi Mutiara Luwuk, para peserta karnaval dilepas secara resmi oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Banggai Ferlin Monggesang.

Ferlin mengatakan, karnaval budaya tersebut dilaksanakan dalam rangka memeriahkan ITLF 2023.

”Tujuan dari karnaval ini adalah bagaimana kita bisa mempertontonkan kepada masyarakat sekaligus mempromosikan kekayaan budaya dan adat istiadat yang kita miliki,” ujar Ferlin.

Keragaman etnis dan budaya yang ada di Kabupaten Banggai diharapkan dapat memperkokoh persatuan dan membangun kebersamaan dalam bingkai kebhinekaan. (Dkf)